Profil & Biografi Sam Smith

Loading...

Samuel Frederick Smith adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Inggris. Nama panggungnya yang sangat terkenal sampai saat ini yaitu Sam Smith. Sam memperoleh ketenaran sejak tahun 2012 lalu tepatnya pada bulan Oktober dengan single terobosan Band Disclousure’s, Latch. Lagu tersebut berhasil masuk urutan pertama dalam UK Singles Chart. Prestasinya terus membuahkan hasil karena lagu berikutnya yaitu Band Naughty Boy, La-La-La, yang sukses menjadi single nomor satu pada Mei 2013.

Profil & Biografi Sam Smith 1

Sam Smith lahir di London, Inggris, pada tanggal 19 Mei 1992. Saat ini ia menjadi salah satu penyanyi terpopuler di dunia. Karirnya sebagai penyanyi mulai terkenal saat tahun 2012, meski ia sudah memulai karir sejak tahun 2007 bersama grup musik teater. Namun sayangnya, grup musik tersebut tidak terlalu terkenal oleh masyarakat Inggris. Kemudian Sam Smith berkolaborasi dengan Band Disclouser dalam lagu berjudul Latch. Sam juga menjadi featuring artist dengan band Naugthy Boy di tahun 2013. Ditahun yang sama, Sam Smith merilis Extended Play pertama miliknya yang berisikan empat buah lagu originalnya.

Profil & Biografi Sam Smith 2

Pada tahun 2014 menjadi tahun kesuksesan awal Sam Smith. Ia merilis album berjudul In the Lonely Hour dan album tersebut mendapat respon yang sangat positif. Album ini memuncaki tangga lagu UK dengan posisi kedua di Chart Billboard 200 (nomor satunya album milik Ed Sheeran). Bukan hanya itu, album milik Sam Smith itu juga menjadi album terlaris kedua di Amerika setelah album 1989 milik Taylor Swift. Beberapa lagu terkenal yang dikeluarkan oleh Smith yaitu Stay with Me, Money on My Mind, Like I Can dan I’m Not the Only One.

Single Stay With Me bahkan sukses merebut dua piala Grammy Awards untuk kategori bergengsi seperti Song of the Year dan Record of the Year. Total ia merail empat piala Grammy termasuk kategori Best New Artist. Kemudian ditahun 2015, Sam Smith kembali menunjukkan prestasinya sebagai pengisi soundtrack film ke-24 James Bond, Spectre. Lagu OST James Bond dari Sam Smith yaitu Writing’s on the Wall dan langsung menjadi lagu tema 007 pertama yang memuncaki UK chart.

Profil & Biografi Sam Smith 3

Di usianya yang baru 25 tahun ini, Sam Smith sudah memiliki pencapaian luar biasa dalam dunia musik. Namun bukan hanya kualitas vokal yang membuat orang tertarik, melainkan dari pribadi Sam Smith. Pria itu mengakui tidak pernah berpacaran satu kalipun sampai umurnya ke 22 tahun. Hingga pada akhirnya, sebuah kenyataan mengejutkan datang dari pengakuan Sam Smith bahwa ia adalah seorang gay. Meskipun begitu, Sam Smith tetap meraih kesuksesan. Albumnya berhasil terjual sebanyak 166 ribu dalam satu minggu pertama setelah rilis. Angka tersebut membuat Sam Smith menembus rekor sebagai musisi pria Inggris dengan penjualan album debut tertinggi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =