Profil & Biografi Damien Chazelle

Loading...

Damien Chazelle merupakan sutradara muda yang masih berusia 32 tahun dan berhasil merebut gelar sebagai Best Director atau Sutradara terbaik pada ajang Academy Awards 2017 yang diselenggarakan pada akhir Februari lalu di Dolby Theatre. Damien memenangkan Piala Oscar pertamanya berkat kerja kerasnya menyutradarai film musikal La La Land. Untuk kategori Best Director, Damien Chazelle harus bersaing ketat dengan sejumlah nama besar di dunia penyutradaraan seperti Barry Jenkins (Moonlight), Mel Gibson (Hacksaw Ridge), Denis Villeneuve (Arrival), dan Kenneth Lonergan (Manchester by the Sea). Film La La Land juga sukses merebut nominasi terbanyak di ajang Piala Oscar tahun ini dengan total 14 nominasi.

Biografi Damien Chazelle 1

Damien Sayre Chazelle lahir di Providance, Rhode Island, U.S pada tanggal 19 Januari 1985. Ia merupakan seorang sutradara dan penulis naskah berasal dari Amerika. Keahliannya menulis berasal dari ibunya yang bernama Celia Martin Chazelle yang seorang keturunan Amerika-Kanada berprofesi sebagai penulis dan Prosefor sejarah di Universitas New Jersey. Ayahnya bernama Bernard Chazelle seorang keturunan Prancis-Amerika yang berprofesi sebagai Profesor Ilmu Komputer di Universitas Princeton. Damien mempunyai saudara perempuan bernama Anna yang juga berperan sebagai aktris dan pemain sirkus. Kakeknya yang dari pihak ibu, bernama John Sayre Martin bekerja untuk Paramount Pictures di London.

Biografi Damien Chazelle 2

Damien Chazelle debut sebagai penulis naskah dan sutradara melalui filmnya yang berjudul Guy and Madeline on a Park Bench. Bersama dengan Ed Gass Donnelyy, Damien bergabung dalam pembuatan film The Last Exorcism Part II yang ditanyangkan pada tahun 2013. Kesukaannya pada musik teater membawanya dalam menyutradarai film bertema musik klasik seperti Whiplash dan Grand Piano. Sejak menghasilkan karya lewat Whiplash, Damien Chazelle jadi lebih dikenal oleh masyarakat. Film tersebut merupakan sebuah film dengan musik sebagai dasar ceritanya.

Tetapi bukan hanya film Whiplash saja, Damien Chazelle juga terus menciptakan film dengan tema musik sebagai poin pentingnya seperti Grand Piano dan Guy and Madeline on A Park Bench dimana ia ikut berpartisipasi dalam penulisan naskahnya. Tahun 2016 lalu, Damien Chazelle kembali menghadirkan sebuah film bertema musik. Namun konsepnya berbeda dengan film-film sebelumnya, karena kali ini Damien membubuhkan kisah drama romantis musikal yang berjudul La La Land. Dengan di dukung pemain Emma Stone dan Ryan Gosling, film karya Damien Chazelle tersebut berhasil mendapat respon yang sangat positif dari penontonnya.

Mandatory Credit: Photo by Rob Latour/REX/Shutterstock (7734778bg) Damien Chazelle - Best Screenplay - La La Land 74th Annual Golden Globe Awards, Press Room, Los Angeles, USA - 08 Jan 2017

Dalam kehidupan asmara, Damien Chazelle pernah dikabarkan menjalin asmara bersama Jasmine McGlade. Mereka berdua bertemu saat sama-sama menempuh pendidikan di Universitas Harvard. Kemudian, Damien dan Jasmine pun akhirnya menikah pada tahun 2010 namun sayang, umur pernikahannya hanya 4 tahun. Pada tahun 2015, Damien Chazelle kembali menjalin hubungan bersama seorang aktris bernama Olivia Hamilton.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 8 =