Biografi J.S Bach

Loading...

Johann Sebastian Bach lahir pada tanggal 21 Maret 1685 di Eisenach, Jerman dan wafat pada tanggal 28 Juli 1750 di umurnya ke 65 tahun. Ia adalah seorang komponis dari Jerman yang mampu mengubah musik untuk alat musik organ, harpisichord, clavichord dan juga untuk orkestra. Bach telah mengubah lebih dari 1000 lagu, salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg Concertos, sebuah set lagu gereja Mass in B minor.

Biografi J.S Bach 1

Para musikolog membagi seluruh komposisi J.S.Bach dalam lima masa yang masing-masing komposisi tersebut akan memperlihatkan perbedaan gaya yang cukup spesifik bila dibandingkan tahun pembuatannya. Yang membuat gaya lagu Bach begitu berbeda dari yang lain yaitu semua lagu yang dibuatnya, dari lagu Jesu Joy of Man’s Desiring atau lagu lainnya ditujukan untuk Tuhan.

J.S Bach mempunyai ayah yang bernama Johann Ambrosius Bach, seorang pemain terompet dan dirigen orkes di kota kelahirannya. Johann Sebastian ialah anak bungsu dari 8 bersaudara. Ketika orang tua J.S Bach meninggal di tahun 1694, ia pindah ke Ohrdruf dan di asuh oleh kakak laki-lakinya yang bernama Johann Christoph Bach. Di sana, Sebastian melanjutkan pendidikan ke sekolah Lyceum. Ia mulai belajar sendiri ilmu komposisi dengan cara yang biasa pada zaman itu yakni menyalin buku musik komposisi dari komponis Barok.

Biografi J.S Bach 2

Di umur 15 tahun, J.S Bach terpaksa keluar dari rumah kakaknya sebab jumlah anggota keluarga mereka yang terus bertambah. Karena itu pula, ia melalui perantaraan pemimpin musik di sekolahnya menjadi anggota penyanyi koor di gereja Michaliskirche yang berlokasi di Kota Luneburg. Di sana juga, J.S Bach bertemu dengan seorang komponis terkenal saat itu yang bernama George Boehm di tahun 1661 hingga 1773. Sebastian Bach pun menjadi muridnya di bidang komposisi.

Pada tahun 1702, J.S Bach berangkat dari Luneburg dan mencari pekerjaan sebagai organis setelah ia memenangkan lomba improvisasi untuk organ di Kota Sangerhausen, namun sayangnya Pangeran setempat tidak setuju dan mengangkat orang yang umurnya lebih tua darinya. Tahun 1703, ia mendapat tugas sebagai pelayan memainkan musik untuk salah satu Pangeran di Weimar. Ditahun yang sama, J.S Bach menerima pekerjaan sebagai pemain organ di gereja kota Arnstadt.

Biografi J.S Bach 3

Tahun demi tahun berlalu, kehidupan J.S Bach di dunia musik pun semakin meningkat. Ia pernah berhasil memenangkan perlombaan untuk menjadi pemain organ di gereja Santo Blasius. Pada tahun 1721, ia mengubah enam konserto lagu yang paling terkenal yaitu Brandenburg Concerto (BWV 1046-1051) yang ditujukan untuk Pangeran Christian Ludwig dari Brandenburg. Sebastian Bach juga mengubah lagu-lagu lain seperti Clavierbuchlein fur Wilhelm Friedmann Bach, dan buku pertama dari Das Wohltemperierte Clavier.

Kehidupan pribadi dari Johann Sebastian Bach adalah memiliki 7 orang anak dari istri pertama dan 13 anak dari istri kedua. Dari sekian banyak anaknya, beberapa di antara ada yang meninggal di usia muda. Kira-kira dalam keluarga besar seorang J.S.Bach, ada sekitar 52 orang yang menjadi musikus.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − nine =