Profil & Biografi Hugo Barra

Loading...

Hugo Barra lahir pada tanggal 28 Oktober 1976 di Belo Horizonte, Brasil. Ia adalah seorang ilmuwan komputer, eksekutif di bidang teknologi dan pengusaha. Saat ini, ia bekerja di Facebook untuk memimpin perkembangan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Sebelumnya, Hugo Barra menjadi salah satu pimpinan vendor smartphone terkenal Xiaomi selama 3,5 tahun. Ia juga pernah berperan dalam pengelolaan produk Google di London dan California, serta Wakil Presiden sekaligus juru bicara produk divisi Android.

Biografi Hugo Barra 1

Pria berumur 40 tahun itu sukses menaklukan Silicon Valley, pusat teknologi Amerika Serikat. Hal tersebut tidak mengherankan bila melihat latar belakang pendidikan Hugo Barra membuktikan bahwa ia memang berotak cerdas. Ia pernah menempuh pendidikan di Universidade Federal de Minas Gerais (EECS) dengan masuk jurusan teknik listrik. Tahun 1996, Hugo melanjutkan kuliahnya di Massachussets Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat yang saat itu menjadi universitas paling bergengsi di dunia. Sambil berkuliah, Hugo Barra magang di Netscape Communications, Walt Disney Imaginerring, McKinsey & Company, dan Merril Lynch.

Tahun 2000, Hugo Barra mencoba untuk mendirikan start up yang bergerak di bidang Software Wireless sebelum ia bergabung dengan Google saat bulan Maret 2008 sebagai Group Product Manager. Karirnya terus beranjak naik sampai ia bergabung ke divisi Android pada tahun 2010 di bawah naungan Andy Rubin , sang pencetus Android.

Biografi Hugo Barra 2

Dari tahun itu hingga tahun 2013, Hugo Barra berperan aktif dalam pengembangan Android. Sampai akhirnya, ia dipromosikan dan menempati jabatan Vice Precident of Android Product Management. Namun sayangnya, di tahun yang sama di bulan Oktober, Hugo Barra memutuskan hengkang dari Google dan bergabung dengan Xiaomi untuk menempati posisi sebagai Vice Precident of International.

Sebenarnya, Barra mengaku sudah nyaman bekerja di Google namun ia ingin merasakan tantangan baru dan saat itu kebetulan Xiaomi menawarkan kesempatan yang bagus. Apalagi ia ingin mencicip bagaimana rasanya hidup di Asia. Baginya, kesempatan tersebut tidak akan datang dua kali. Ide untuk membangun perusahaan global dari bawah mungkin akan berpotensi menjadi sama seperti Google. Tugas Barra di Xiaomi tidaklah mudah. Ia ditunjuk memimpin ekspansi Internasional Xiaomi. Oleh sebab itu, ia sering mengunjungi negara yang menjadi target penjualan vendor asal China itu, termasuk Indonesia.

Biografi Hugo Barra 3

Hingga pada akhirnya, awal tahun ini Hugo Barra menggemparkan dunia teknologi karena ia memutuskan untuk melepas jabatan eksekutifnya di Xiaomi. Selama 3,5 tahun berkecimpung di perusahaan yang kini sangat terkenal itu, Hugo Barra berhasil melambungkan nama Xiaomi dan mendapatkan penghormatan secara global. Setelah ia secara resmi meninggalkan Xiaomi pada bulan Februari 2017 lalu, Barra kembali ke Silicon Valley, California dan bergabung dengan Facebook.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 1 =