Profil & Biografi Schubert

Loading...

Franz Peter Schubert lahir pada tanggal 31 Januari 1797 dan meninggal pada tanggal 19 November 1828 di umurnya ke 31 tahun. Ia adalah seorang komposer dan pianis berkebangsaan Austria. Schubert menulis sekitar 600 lieder atau musik untuk vokal atau permainan piano tunggal, 9 simfoni (termasuk karya “Unfinished Symphony” yang terkenal), musik liturgi, opera dan musik untuk skala besar atau piano solo. Ia dikenal keorinisinalitas melodi dan harmoni yang di susunnya.

Biografi Schubert 1

Saat Franz Schubert berumur lima tahun, ayahnya yang bernama Franz Theodor Schubert sudah mengajarkannya berbagai hal mengenai musik. Sementara ibunya, Elisabeth adalah putri dari Silesian yang juga berprofesi sebagai pembantu rumah tangga untuk keluarga Wina sebelum pernikahannya bersama Theodor. Dari empat belas anak Theodor, hanya lima yang selamat sedangkan 9 anaknya meninggal ketika masih bayi. Ayah mereka seorang guru sekolah di Lichtental, bagian dari Wina distrik 9. Meskipun ia bukan musisi yang terkenal, tapi Theodor tetap mengajarkan anaknya berbagai unsur musik.

Schubert terdaftar di sekolah musik yang sangat terkenal saat itu di Wina saat ia berumur 6 tahun. Pendidikan formal musiknya dimulai pada waktu yang sama. Sang ayah terus giat mengajarinya dasar-dasar biola sedangkan saudaranya memberikan pelajaran piano. Di usianya ke-7 tahun, Schubert mulai menermina pelajaran dari Michael Holzer, seorang pemain organ gereja lokal. Kemudian ia memainkan biola bersama kuartet gesek keluarganya dengan dua saudaranya yang memainkan biola dan ayahnya di alat musik cello. Lagu pertama yang dihasilkan Schubert saat usianya ke 17 tahun yang berjudul “Gretchen at the spinning whell”.

Biografi Schubert 2

Sebenarnya, Schubert pernah menjabat sebagai guru sekolah, namun kemudian ia berhenti karena ingin fokus menulis karya musik. Oleh sebab itu, tahun 1813 akhir, ia meninggalkan Stadkonvikt dan kembali kerumah untuk belajar di Normalhauptschule. Setahun kemudian, Schubert masuk ke sekolah ayahnya sebagai guru musik dari siswa termuda. Selama lebih dari dua tahun, ia banyak menerima pelajaran privat komposisi dari Salieri.

Tahun paling produktif Schubert ialah tahun 1815. Ia menciptakan lebih dari 1000 batang musik yang terdiri dari lebih dari setengahnya untuk orkestra, termasuk 9 karya gereja, simfoni dan sekitar 140 lieder. Sejak itu, Schubert terus menerus menghasilkan karya musik dalam berbagai macam bentuk untuk orkestra dengan ukuran yang berbeda-beda pula. Schubert juga telah menulis 100 lagu. Di antaranya yang sampai saat ini di anggap fenomenal yaitu Ave Maria, Who is Sylvia?, The Trout, dan Serenade.

Biografi Schubert 3

Ditengah masa-masa kreatifnya, kesehatan Franz Peter Schubert menurun. Ia di diagnosa mengidap demam tifoid dan berbagai komplikasi kesehatan lainnyya. Pada tanggal 19 November 1825, ia meninggal di apartemen saudaranya. Franz Peter Schubert lalu dikuburkan di samping Beethoven di area pemakaman desa Wahring. Namun di tahun 1888, kuburan Schubert dan Beethoven  dipindahkan ke Zentralfriedhof, di sebelah kuburan Johann Strauss II dan Johannes Brahms.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 7 =