Profil & Biografi Chopin

Loading...

Para pecinta musik klasik, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Chopin. Chopin adalah seorang pianis sekaligus komposer asal Polandia yang sangat terkenal setara dengan Mozart  dan Beethoven . Ia dikenal sebagai salah satu musisi Romantik terbesar di dunia. Chopin lahir dengan nama lengkap Frédéric François Chopin pada tanggal 1 Maret 1810 dan wafat pada tanggal 17 Oktober 1849.

Biografi Chopin 1

Chopin lahir di daerah Zelazowa, Wola dekat Warsawa, Polandia. Ayahnya bernama Nicolas Chopin berasal dari Marainville, Prancis, sedangkan ibunya bernama Tekla Justyna Kyrazanowka adalah seorang Polandia. Nicholas berprofesi sebagai Guru Bahasa Prancis di Warschauer Lyzeum yang juga bisa memainkan alat musik seperti Flute dan Biola. Sedangkan ibunya seorang pianis yang hebat.

Lahir dari keluarga yang berdasar musik, membuat Chopin juga memiliki bakat musik. Ia mempunyai bakat alamiah dalam bermain piano yang terlihat dalam improvisasinya. Komposisi yang pertama dibuatnya adalah Polonaisen g-Minor dan Bes-Mayor. Ketika ia berumur 8 tahun, Chopin tampil di depan publik dengan memainkan piano konserto milik Gywortez. Karena itu juga ia mendapatkan pendidikan musik pertamanya di bawah naungan pianis Bohemia Adalbert Ziwny.

Ketika pada tahun 1829, Chopin memutuskan untuk pergi ke Berlin dan Wina. Di sana, ia memainkan dua konser yang dinilai cukup sukses. Ia membuat variasi dari La Ci darem La Mano (Op.2) milik Mozart. Menurut Robert Schumann, seorang editor majalan musik Allgemine Musikalische Zeitung, Chopin merupakan seorang jenius di bidang musik.

Biografi Chopin 2

Semenjak pindah ke negeri orang, Chopin berteman baik dengan Liszt. Mereka berdua menjadi pianis favorit di Paris sehingga Chopin dipanggil sebagai “Ariel of The Piano”. Saat 17 Maret 1830, ia pergi ke Wasawa dan mementaskan dua piano Concerto in F Minor. Di sana ia bertemu dengan komponis-komponis terkenal seperti Rossini, Cherubini, Paer, dan lain-lain. Tetapi, pada tahun 1934, Chopin berangkat ke Jerman bersama Hiller dan bertemu dengan Mendelssohn, Robert Schumann, dan Clara Wieck.

Sebagian besar, musik-musik Chopin ditujukan untuk piano. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai pianis Virtuoso. Karya musik Chopin memiliki bentuk dan warna nada yang original. Ia memadukan musik rakyat dan irama Polandia ke dalam komposisi miliknya, sebagai contoh Grand Poloinaise Briliante, Op. 22. Melodi dari lagu ini menceritakan kebanggaan Chopin sebagai seorang Polandia.

Biografi Chopin 3

Gaya komposisi dari Chopin juga menjadi gebrakan besar dalam dunia musik. Bila komposer lainnya masih mengikuti aturan yang mengharuskan timing antara tangan kanan dan kiri sejajar dalam gaya klasik, Chopin justru tidak peduli dengan aturan itu. Ia begitu bebas memakai berbagai bentuk tempo dan banyaknya grace note, sehingga banyak dari lagu Chopin menggunakan figurasi apreggio dan broken chord yang kompleks. Misalnya pada karya Barcarolle, Op. 60 dan Ballade, Op. 23.

Untuk selalu mengenang karya-karya hebat dari Chopin, saat ini banyak sekali lomba-lomba piano internasional yang mewajibkan peserta lombanya untuk memainkan karya dari komposer tersebut. Salah satu contohnya pada ajang International Frederick Chopin Piano Competition di Warsawa yang di adakan mulai dari tahun 1927. Setelah itu lomba tersebut di selenggarakan selama lima tahun sekali.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 1 =