Profil & Biografi Joko Widodo

Loading...

Siapa yang tidak kenal dengan sosok bersahaja Presiden Joko Widodo? Presiden yang sering di sapa dengan sebutan Jokowi ini terkenal dengan seseorang yang sangat sederhana dan merakyat. Sebelum menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7, Beliau pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 12014 bersama Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Biografi Joko Widodo 1

Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961. Ia anak sulung dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Ayahnya berasal dari Karanganyar sedangkan kakek dan neneknya berasal dari sebuah desa di Boyolali. Pendidikannya di awali dengan masuk Sekolah Dasar Negeri 112 Tirtoyoso yang sering disebut sekolah untuk kalangan menengah ke bawah.

Dengan kesulitan ekonomi yang di alami oleh keluarganya, Joko Widodo terpaksa berdagang, ojek payung, dan jadi kuli panggul untuk mencari uang sendiri demi keperluan sekolahnya. Ketika anak-anak lain ke sekolah naik sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki. Setelah tamat SD, Widodo mulai bekerja sebagai penggergaji kayu di umurnya ke 12 tahun. Ia juga melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 1 Surakarta dan setamatnya dari sana, Joko Widodo meraih ilmu di SMA Negeri 6 Surakarta.

Biografi Joko Widodo 2

Joko Widodo memiliki kemampuan akademis yang cemerlang dan berkat itulah ia di terima di Universitas Gadjah Mada, jurusan Kehutanan. Kesempatan ini dimanfaatkannya untuk belajar segala tentang perkayuan seperti struktur, pemanfaatan dan teknologinya. Selain itu ia juga dikenal sebagai anggota aktif dari Organisasi Mapala Silvigama. Kemudian, pada tahun 1835, Joko Widodo lulus dari perkuliahannya dengan judul skripsi “Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta”.

Setelah itu, ia bekerja di BUMN PT. Kertas Kraft Aceh dan sempat di tempatkan di area Hutan Pinus Merkusii yang berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah. Setahun kemudian, Joko Widodo menikah dengan Iriana di Solo pada tanggal 24 Desember 1986. Karena tidak betah bekerja lama-lama di area hutan, ia pulang menyusul istrinya yang saat itu sedang hamil 7 bulan. Widodo bertekad untuk membuka bisnis di bidang kayu dan bekerja di usaha milik pamannya, Miyono di CV Roda Jati.

Biografi Joko Widodo 3

Bersamaan dengan lahirnya anak pertama Joko dan Iriana yang diberi nama Gibran Rakabuming Raka di tahun 1988, Joko Widodo memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri dengan nama CV. Rakabu. Usahanya ini yang membawa Joko bertemu dengan Micl Romaknan yang memberi panggilan populer yaitu “Jokowi”. Dengan kejujuran dan kerja kerasnya, Jokowi di ajak untuk berkeliling di kota Eropa dan berhasil menjadi inspirasinya untuk membangun Kota Solo. Jokowi pun masuk ke dunia politik demi menerapakan kota yang bersahabat untuk penghuninya di daerah Surakarta.

Saat pilkada di Kota Solo tahun 2005, Jokowi di dampingi dengan Hadi Rudyatmo untuk menjadi Walikota dan wakil Walikota Solo. Mereka berdua di usung oleh PDIP dan PKB, serta berhasil memenangkan pemilihan dengan persentase suara sebesar 36,62 %. Setelah terpilih, kota Solo mengalami perubahan yang sangat signifikan dan menjadi salah satu kota terkenal di Indonesia. Hingga pada akhir periode, Jokowi mencalonkan lagi menjadi Walikota Surakarta di tahun 2010 dan memenangkan pilkada dengan suara melebihi 90 %. Sayangnya, pada tahun 2012, ia di calonkan oleh PDIP sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =