Profil & Biografi Jusuf Kalla

Loading...

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 Mei 1942. Beliau merupakan Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 yang menjabat sejak tanggal 20 Oktober 2014. Jusuf Kalla adalah Wakil Presiden Indonesia Pertama yang pernah menjabat sebanyak dua kali meskipun tidak berturut-turut.

Biografi Jusuf Kalla 1

Dalam masa jabatannya yang pertama pada tahun 2004 hingga 2009, Jusuf Kalla merangkap sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Ia pernah dicalonkan sebagai Presiden bersama Wiranto dalam Pilpres tahun 2009 dari Partai Golkar dan Hanura. Kemudian pada tanggal 19 Mei 2014, Jusuf Kalla secara resmi di calonkan sebagai cawapres untuk mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2014 dengan dukungan dari 5 partai yaitu PDIP, Nasdem, PKB, Hanura dan PKPI.

Jusuf Kalla merupakan anak kedua dari 17 bersaudara dari pasangan Haji Kalla dan Athirah, seorang pengusaha keturunan Bugis yang memiliki usaha bernama Kalla Group. Bisnis keluarga tersebut meliputi berbagai perusahaan di bidang industri. Ketika di Makassar, Jusuf Kalla sering di sapa oleh masyarakat dengan panggilan Daeng Ucu. Beliau pernah menempuh pendidikan di SMA Negeri Makassar, Universitas Hasanudin di Fakultas Ekonomi pada tahun 1967, dan The European Institute of Bussness Administration, Perancis di tahun 1977.

Biografi Jusuf Kalla 2

Dalam karir politiknya, Jusuf Kalla pernah menjabat sebagai Menteri di zaman pemerintahan Abdurrahman Wahid tetapi diberhentikan dengan tuduhan KKN. Ia kembali di angkat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Namun Jusuf Kalla mengundurkan diri karena akan maju sebagai cawapres dari calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Melalui kemenangan yang diraih oleh SBY sebagai Presiden RI ke-6 dan secara otomatis membuat Jusuf Kalla di angkat sebagai Wakil Presiden ke-10. Bersama dengan SBY, keduanya menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama kali di pilih secara langsung oleh rakyat. Jusuf Kalla lalu menjabat sebagai Ketua Umum Golkar menggantikan Akbar Tanjung sejak Desember 2004 sampai 9 Oktober 2009. Pada tanggal 10 Januari 2007, ia melantik sebanyak 185 pengurus Badan Penelitian dan Pengembangan Kekaryaan dari Partai Golkar di Kantor DPP, Slipi, Jakarta Barat.

Biografi Jusuf Kalla 3

Pada tahun 2014, Jusuf Kalla di usung untuk mendampingi Joko Widodo dalam ajang pemilihan Presiden Republik Indonesia tahun 2014. Pasangan ini mendapat undian nomor urut dua dan memiliki tagline populer “Salam Dua Jari” oleh KPU tanggal 22 Juli 2014. Jokowi-JK pun memenangkan pilpres dan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014. Seiring dengan pelantikannya tersebut, Jusuf Kalla menjadi wakil presiden pertama yang terpilih sebanyak dua kali masa jabatan melalui pemilu berasal dari Jakarta. Masa jabatannya saat ini bersama Jokowi dari periode 2014-2019.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − eight =