Profil & Biografi Zakir Naik

Loading...

Zakir Abdul Karim Naik adalah seorang Da’i, pembicara Islam dan penceramah Internasional Muslim yang berasal dari India. Ia juga seorang penulis yang menuliskan hal-hal mengenai agama Islam dan Ilmu Perbandingan Agama. Saat ini, Zakir Naik termasuk tokoh Islam yang sangat aktif berdakwah dengan berkunjung ke berbagai negara dibelahan dunia untuk menyampaikan kebenaran dari Islam. Ia juga menguasai ajaran-ajaran agama lainnya seperti Kristen, Judaisme, Hindu, Budha, Sikh, Zoroastrianisme hingga Atheisme.

Biografi Zakir Naik 1

Zakir Naik lahir pada tanggal 18 Oktober 1965 di Mumbai (Bombay pada saat itu) dengan garis keturunan Konkani. Ia pernah bersekolah di St. Peter’s High School (ICSE) di Kota Mumbai yang kemudian bergabung dengan Kishinchand Chellaram College serta mempelajari kesehatan di Topiwala National Medical College and Nair Hospital di Mumbai. Ia pun menerima gelar MBBS di University of Mumbai. Pada tahun 1991, Zakir Naik berhenti bekerja sebagai dokter medis dan berhijrah ke bidang dakwah atau proselitisme Islam.

Keputusan Beliau menjadi seorang pendakwah terinspirasi dari seorang tokoh yang bernama Ahmed Deedat. Ahmad Deedat adalah seorang pendakwah yang telah aktif melakukan dakwah Islam selama 40 tahun lebih. Selain itu, tujuan dakwah dari Zakir Naik sendiri adalah untuk menghilangkan pandangan negatif mengenai Islam oleh banyak orang yang anti-Islam. Apalagi setelah tragedi serangan 11 September 2001 yang terjadi di Amerika Serikat.

Biografi Zakir Naik 2

Selama aktif menjadi seorang pendakwah, Zakir Naik telah banyak mengelilingi berbagai negara di dunia. Dalam perjalanannya sebagai seorang Da’i, debat atau ceramahnya paling banyak dilakukan di India dan selalu dihadiri oleh puluhan ribu orang dalam setiap acaranya. Acara tersebut bukan hanya banyak dihadiri oleh kaum Muslim saja melainkan ada juga dari Kristen, Hindu sampai Atheis yang ingin sekedar berdebat dengan Beliau.

Sejak Zakir Naik aktif mengadakan ceramah dan debat, banyak dari jurnalis dari India ataupun dunia yang menulis tentang sosok Beliau. Kebanyakan mereka menulis kata-kata yang biasa di ucapkan oleh Zakir Naik yang sering di cap “kejam”, ada pula yang mengatakan bahwa Zakir Naik sering mencerca kepercayaan agama lain dan dunia barat secara umumnya.

Biografi Zakir Naik 3

Namun, meskipun begitu Zakir Naik juga telah banyak membuat ribuan orang masuk Islam hanya karena mendengarkan dakwahnya. Rata-rata mereka masuk Islam setelah mendengar ceramah atau debat dari Zakir Naik dan para penanya. Pada tanggal 1 April 2004, Zakir Naik sempat melakukan debat secara publik dengan William Campbell dengan topik “Islam dan Kristen dalam Ilmu Pengetahuan”. Keduanya pun membicarakan tentang kesalahan-kesalahan ilmiah yang terdapat di masing-masing kitab.

Di dalam Indian Express yang diterbitkan pada tanggal 22 Februari 2009, Zakir Naik masuk peringkat 82 dari “100 orang India Terkuat 2009” di antara satu miliar penduduk India. Dalam daftar khusus, Beliau masuk peringkat 3 dalam jajaran “10 Guru Spritual Terbaik India” setelah Baba Ramdev dan Sri Sri Ravi Shankar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 4 =