Profil & Biografi Sri Mulyani

Loading...

Sri Mulyani Indrawati, S.E.,M.Sc.,Ph.D lahir di Bandar Lampung pada tanggal 26 Agustus 1962. Wanita berumur 54 tahun ini adalah orang Indonesia pertama yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini dijalaninya sejak 1 Juni 2010 sampai ketika ia dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan pada tanggal 27 Juli 2016.

Biografi Sri Mulyani 1

Sri Mulyani lahir di Tanjung Karang yang sekarang berubah menjadi Bandar Lampung. Ia merupakan anak ketujuh dari seorang dosen universitas yang bernama Prof. Satmoko dan Retno Sriningsih. Nama Sri Mulyani tersebut bercorak bahasa Jawa dan berhuruf Sanskerta. Sri berarti cahaya yang bersinar sedangkan Mulyani berarti berharga.

Pada tahun 1986, Sri Mulyani mendapat gelar dari Universitas Indonesia yang kemudian mendapatkan gelar lagi yakni Master dan Doctor di bidang ekonomi dari Universitas Illnois di Urbana-Champaign tahun 1992. 9 tahun kemudian, Sri pergi ke Atlanta, Georgia untuk bekerja sebagai konsultan di USAID (US Agency for International Development). Tugasnya di sana adalah semata-mata untuk memperkuat otonomi di Indonesia. Sri Mulyani juga mengajar tentang ekonomi Indonesia sebagai professor di Andrew Young School of Policy Studies di Georgia.

Biografi Sri Mulyani 2

Karirnya semakin meranjak ketika Sri Mulyani di tunjuk sebagai Direktur Eksekutif IMF mewakili 12 negara Asia Tenggara dalam jangka waktu 2002 hingga 2004. Meskipun hidup dalam dunia politik, namun Sri Mulyani tidak pernah memiliki hubungan dengan partai politik manapun. Ia juga menikah dengan seorang ekonom bernama Tony Sumartono dan memiliki tiga orang anak.

Tahun 2005 silam, Sri Mulyani di tunjuk sebagai menteri keuangan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satu kebijakannya adalah memecat petugas korup dilingkungi departemen keuangan. Ia berhasil meminimalisir korupsi dan memprakarsai reformasi dalam sistem keuangan atau pajak di Indonesia. Sri Mulyani juga sukses meningkatkan investasi langsung luar negeri Tanah Air sekitar 50%.

Biografi Sri Mulyani 3

Majalah Forbes mengatakan bahwa Sri Mulyani menjadi wanita paling berpengaruh di Indonesia dan peringkat ke 23 berpengaruh di dunia tahun 2008. Sehingga pada tahun yang sama majalah Emerging Markets mengusung Sri Mulyani sebagai Asia’s Finance Minister of the Year. Prestasinya yang gemilang sebagai salah satu menteri di Indonesia itu berhasil menarik perhatian Bank Dunia. Sehingga pada tanggal 5 Mei 2010, Sri Mulyani ditunjuk menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia dan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Tanah Air.

Meskipun Indonesia sempat mengalami penurunan ekonomi karena Sri Mulyani undur diri, akhirnya pada tanggal 27 Juli 2016, ia dipulangkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Keuangan lagi. Kembalinya Sri Mulyani ke Tanah Air tentu saja menjadi kejutan bagi banyak pihak dan di anggap sebagai salah satu langkah terbaik yang pernah di ambil oleh Jokowi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =