Profil & Biografi Puan Maharani

Loading...

Puan Maharani di tunjuk sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Indonesia dan Kebudayaan pada masa Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla periode 2014-1019. Sebelum itu, Puan juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR Republik Indonesia untuk tahun 2012 hingga 2014. Terlahir dalam keluarga politisi membuat Puan sejak kecil telah terbiasa dengan sibuknya panggung politik.

Biografi Puan Maharani 1

Cucu dari Presiden Pertama RI Soekarno dan anak dari Presiden kelima RI yakni Megawati Soekarnoputri ini sudah mengenal dunia politik sejak usianya sangat belia. Ia juga merupakan lulusan dari Sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Indonesia dan meneruskan tradisi politik dalam keluarga Soekarno.

Puan Maharani lahir pada tanggal 6 September 1973 di Jakarta. Sampai masa pendidikannya di sekolah dasar, ia menjalani kehidupan secara normal meskipun menyandang gelar sebagai cucu dari sang Proklamator Indonesia. Bertemunya Puan dengan politik adalah ketika ia duduk di bangku SMP saat ibunya, Megawati, mulai aktif dalam kancah perpolitikan Tanah Air. Saat itu, Megawati kerap berkeliling Indonesia dan Puan Maharani kecil pun sering menyaksikan bagaimana seorang politisi bekerja.

Beranjak naik ke masa SMA, Puan Maharani mulai mendampingi dan menyaksikan langsung sang ibu dalam kegiatan politik. Bahkan ia pernah melihat ibunya di konfrontir oleh utusan pengusaha yang melarang Beliau masuk dalam struktur DKI. Dari sanalah, Puan Maharani belajar bagaiman secara tenang menghadapi kejamnya tekanan politik. Memasuki masa perkuliahan di Universitas Indonesia dengan mengambil FISIP Jurusan Komunikasi Massa, kehidupan Puan berlangsung normal seperti mahasiswi lainnya.

Biografi Puan Maharani 2

Pada masa itu, ia sempat mencicipi pengalaman magang di majalah Forum Keadilan dan merasakan langsung tantangan dunia jurnalistrik seperti kesibukan di kantor saat ingin naik cetak dan mencari narasumber berita. Waktu terus berjalan hingga Puan turut menjalankan usaha keluarganya bersamaan sering mendampingi Megawati dalam berbagai acara politik. Beberapa kali Puan Maharani di ajak terjun ke dunia politik, tapi dia merasa belum tepat waktunya.

Hingga pada akhirnya di tahun 2006, Puan Maharani mulai aktif terlibat dalam organisasi politik. Untuk pertama kalinya, ia menjadi anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri. Puan juga mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada pemilu 2009 mewakili Dapil Jawa Tengah V yaitu Surakarta, Sukoharjo, Klaten dan Boyolali. Saat itu, Puan Maharani terpilih dengan suara terbanyak kedua tingkat nasional sebesar 242.504 suara. Di internal PDI Perjuangan, ia dipercaya untuk menjabat Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga yang mempunyai peran strategis.

Biografi Puan Maharani 3

Istri dari Hapsoro dan ibu dari dua anak ini tampaknya ingin membuktikan bahwa dirinya layak dan mampu menjadi politisi handal sekaligus menjadi wakil rakyat yang bertanggung jawab. Terlepas dari urusan gender, sebenarnya Puan Maharani menginginkan PDIP di isi oleh orang-orang yang kompeten dan memiliki integritas tinggi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =