Profil & Biografi Asman Abnur

Loading...

Dr. H. Asman Abnur, S.E., M.Si lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat pada tanggal 2 Februari 1961 dan merupakan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia pada Kabinet Kerja yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo sejak tanggal 27 Juli 2016. Selain menjadi seorang politikus, Asman Abnur juga seorang pengusaha yang sukses. Mantan anggota DPR Republik Indonesia dari Kepulauan ini menggantikan Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri PANRB.

Biografi Asman Abnur 1

Asman Abnur adalah putra Minangkabau asal Pariaman yang lahir dari pasangan H. Aburuddin Hamzah dan Hj. Nurcahya. Ayahnya adalah seorang pedagang emas di Batam dan Tanjung Pinang, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya, Asman di titah untuk melanjutkan usaha orang tuanya berjualan emas. Usaha tersebut membuat ia mengembangkan berbagai usaha lagi seperti beberapa unit SPBU, sejumlah restoran, pusat kebugaran, apotek, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional & Syariah dan money charger.

Dikarenakan Asman Abnur aktif di dunia usaha, ia pernah memegang beberapa peranan penting yang di antaranya sebagai Ketua HIPMI Batam dan Ketua Kadin Batam. Saat ini aktivitas bisnisnya melebar antara Batam, Singapura dan Jakarta. Selain itu, Asman Abnur lulus pendidikan S2 Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana di Universitas Airlangga pada tahun 2004. Ditengah kesibukannya sebagai Menteri, Asman Abnur juga menjalani studi doktoral pada prodi Ilmu Ekonomi Islam, Sekolah Pascasarjanaa di Universitas yang sama.

Biografi Asman Abnur 2

Pada tahun 1999, Asman Abnur memulai karirnya di bidang politik dengan menduduki kursi DPRD Kota Batam hingga tahun 2004. Kemudian, ia menjabat sebagai Wakil Walikota Batam yang kemudian mengundurkan diri sebab ingin mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di DPR RI. Pencalonan tersebut akhirnya berhasil ia raih dan menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PAN atau Partai Amanat Nasional. Sampai saat ini, Asman Abnur masih menduduki kursi parlemen mewakili daerah pemilihan Kep. Riau. Selama menjabat menjadi anggota DPR RI, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X dan Ketua Panitia Kerja BUMN.

Selama menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X, Asman Abnur berhasil merenovasi ruang kelas tingkat SMP se-Kepulauan Riau sebanyak 93 ruang kelas dengan total biaya mencapai 4,5 miliar serta memberi berbagai Bantuan Siswa Mikin sebanyak 500 siswa dan masih banyak prestasi yang ia torehkan lagi.

Biografi Asman Abnur 3

Karir politiknya yang gemilang, pria berumur 56 tahun ini juga menjadi seorang pebisnis sukses di berbagai bidang yang telah disebutkan di atas. Keaktifannya di dunia politik juga turut membawanya sebagai Menteri yang di percayai langsung oleh Presiden Jokowi. Asman Abnur menjadi salah satu tokoh politik yang bisa dikatakan religius dalam mengurusi urusan keagamaan dan sosial.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 3 =