Profil & Biografi Enggartyasto Lukita

Loading...

Menteri Perdagangan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo periode 2016-2019 yaitu Enggartyasto Lukita patut menjadi sorotan publik. Ia menjadi salah satu menteri baru hasil hari reshuffle kabinet jilid II yang selama ini berkiprah di Partai Nasdem. Ia mengembang tugas menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan posisi Thomas Lembong. Selain itu, Enggartyasto Lukita juga seorang pengusaha real estate yang profesional.

Biografi Enggartyasto Lukita 1

Enggartyasto Lukita lahir dengan nama asli Loe Joe Eng pada tanggal 12 Oktober 1951 di Cirebon, Jawa Barat. Ia menyelesaikan pendidikannya di jurusan pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Indonesia). Saat usianya masih muda, ia telah akrab dengan dunia organisasi. Tercatat, Enggartyasto sering memimpin beberapa organisasi berinduk nasional seperti REI atau Real Estate Indonesia.

Dengan mengawali debutnya di bidang politik, Enggartyasto bergabung dengan Partai Golkar sebagai Wakil Bendahara Umum. Kemudian, ia terpilih menjadi anggota DPR RI untuk dua periode yaitu tahun 1997-1999 dan 2004-2009 yang di usung oleh Partai Golkar. Namun sayangnya. Enggartyasto memutuskan masuk ke partai baru tahun 2013 yakni Partai Nasdem. Di sana, ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri.

Biografi Enggartyasto Lukita 2

Pada Pemilu tahun 2014 silam, Enggartyasto Lukita kembali terpilih menjadi anggota DPR RI dengan membawa Partai Nasdem. Tetapi, pengalaman matang sosok Enggartyasto bukan hanya dari bidang politik saja, melainkan juga di bidang properti. Jabatan teratas pun pernah ia cicip seperti Komisaris Utama PT. Unicora Agung, Direktur PT. Supradinakarya Multijaya, bahkan Direktur Utama PT. Bangun Tjipta Pratama.

Saat ini, Enggartyasto Lukita masuk Kabinet Kerja sebagai wajah baru untuk Menteri Perdagangan Indonesia menggantikan Thomas Lembong. Berbeda dengan menteri-menteri lain seperti Anies Baswedan dan Rizal Ramli yang terdepak sepenuhnya, Lembong hanya berpindah posisi. Ia sekarang menjabat sebagai Kepala Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Biografi Enggartyasto Lukita 3

Terkait dengan pelantikan Enggartyasto Lukita sebagai Mendag yang baru, Thomas Lembong menanggapi hal tersebut dengan respon positif. Ia juga berbicara mengenai pengalaman Enggar yang sudah begitu lama berkecimpung di dunia politik sehingga prestasinya sebagai Menteri pasti terjamin. Thomas menambahkan bahwa Enggartyasto Lukita sangat berpengalaman di Tanah Air melalui profesinya sebagai pengembang real estate. Enggar juga pandai memimpin bidang internasional di Partai politik Nasdem, sehingga Thomas berpikir bahwa Enggar adalah orang yang cocok menjadi Menteri Perdagangan yang baru.

Dengan masuknya Enggartyasto Lukita ke jajaran Kabinet Kerja, jumlah kader dari Partai Nasdem jadi berjumlah 3 orang, tetap seperti sebelumnya. Di saat Enggartyasto Lukita masuk kabinet, Ferry Mursyidan Baldan justru di copot dari jabatannya sebagai Menteri Agraria. Pengumuman Enggartyasto Lukita di Kabinet Kerja di umumkan sendiri oleh Partai Nasdem pada tanggal 27 Juli 2016 lalu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =