Profil & Biografi Muhadjir Effendy

Loading...

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, secara resmi telah mengumumkan perombakan Kabinet Kerja Jilid II pada tahun 2016 lalu. Salah satu yang mengalami perubahan posisi adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang sebelumnya dijabat oleh Anies Baswedan. Posisi ini digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Biografi Muhadjir Effendy 1

Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP lahir pada tanggal 29 Juli 1956, Madiun, Jawa Tengah. Ia adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia pada Kabinet Kerja sejak pada tanggal 27 Juli 2016. Sebelumnya, Beliau pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang selama tiga periode yakni tahun 2000 hingga 2016. Selain itu, Muhadjir Effendy juga menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kehidupan pribadinya, Muhadjir Effendy menempuh pendidikan sarjana muda di IAIN Malang, lalu meraih gelar sarjana di IKIP Negeri Malang yang kini telah berubah nama menjadi Universitas Negeri Malang. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Pasca Sarjana UGM dengan gelar Magister Administrasi Publik (MAP) di tahun 1996 silam.

Biografi Muhadjir Effendy 2

Pada tahun 2008, Muhadjir Effendy berhasil menyelesaikan pendidikan strata tiga (S3) di bidang sosiologi militer di Universitas Airlangga, Program Doktor. Selain itu, beberapa kali ia mengikuti kursus di luar negeri seperti National Defence University, Washington D.C di tahun 1991 dan Victoria University di British Columbia, Kanada di tahun yang sama. Dengan berbekal pengalaman di dunia pendidikan begitu lama, Muhadjir Effendy tercatat sebagai Guru Besar Sosiologi Jur. Pendidikan Luar Sekolah, UNM. Selain itu, Beliau pernah mengajar di Direktorat Pascasarjana di Universitas Muhammadiyah Malang di bidang sosiologi.

Sejak tahun 2015, Muhadjir Effendy juga pernah menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015 hingga 2020. Ia pun mendapatkan tanda jasa seperti Satayalencana Karya Satya XX tahun 2010. Ia pun menduduki jabatan sebagai Rektor di UMM sebanyak 3x. Karirnya sebagai rektor pada periode 2000 hingga 2004, 2004-2008, dan periode tahun 2008 hingga Februari 2016. Selan itu, Muhadjir Effendy juga berprofesi sebagai penulis buku.

Biografi Muhadjir Effendy 3

Buku yang pernah diterbitkannya yaitu Bala Dewa, Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, dan Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia. Di masa muda, Muhadjir Effendy aktif sebagai wartawan kampus sampai mendirikan surat kabar kampus UMM, BESTARI pada tahun 1986 lalu. Ia sering menjabat sebagai Ketua Umum PWI dari Perwakilan Malang Raya dan menjadi penulis artikel lepas di beberapa media massa Tanah Air.

Pada tanggal 27 Juli 2016 di hari Rabu, ahli sosiolog tersebut dilantik secara resmi sebagai Mendikbud periode 2016-2019. Muhadjir Effendy di anggap memiliki kualifikasi yang mumpuni dalam bidang pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dari jabatannya sebagai Rektor selama 16 tahun di UMM.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 2 =