Profil & Biografi Arief Yahya

Loading...

Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. adalah seorang Menteri Pariwisata Indonesia yang menjabat sejak 27 Oktober 2014 untuk Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Sebelumnya ia menempati posisi sebagai CEO PT. Telekomunikasi Indonesia sejak tanggal 11 Mei 2012 menggantikan posisi Rinaldi Firmansyah.

Biografi Arief Yahya 1

Arief Yahya lahir pada tanggal 2 April 1961 di Banyuwangi, Jawa Timur ia merupakan seorang putra dari Said Suhadi yang berprofesi sebagai pedagang dan ibunya bernama Siti Badriya, yang aktif berorganisasi keagamaan. Ketika Arief masih muda, usaha yang digeluti sang ayah mengalami kemunduran sehingga ekonomi keluarga mereka pun mulai terganggu. Sosok ibunya inilah yang menjadi panutan Arief Yahya untuk tetap bersabar dan tegar dalam menghadapi kehidupan yang begitu pelik saat itu.

Meski sempat kesulitan ekonomi, Arief Yahya tetap melanjutkan pendidikannya hingga ke tingkat tertinggi. Ia melanjutkan studinya ke ITB atau Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Elektro. Pernah suatu saat ia bersama teman-temannya sesama mahasiswa ITB berpartisipasi di kuis Pesona 13 yang ditayangkan pada saluran televisi negeri TVRI yang dipandu oleh Bob Tutupoly. Acara ini populer pada tahun 1994 hingga 1997 dan Arief beserta teman-temannya berhasil memenangkan kuis tersebut.

Biografi Arief Yahya 2

Sosok Arief Yahya dikenal sebagai seseorang yang begitu terinspirasi dari ibunya. Ia sempat merasakan kesedihan yang teramat sangat ketika ibunya meninggal dunia padahal saat itu Arief sedang menempuh pendidikan di Universitas Surrey, Inggris. Di sana, ia harus mengikuti rangka pembinaan karyawan PT. Telkom, perusahaan yang sudah membesarkan namanya sampai menjadi Menteri seperti sekarang.

Sebagai karyawan PT. Telkom , Arief Yahya sempat menduduki beberapa jabatan yaitu menjadi Kandatel di Kalimantan dan DKI. Jakarta. Berbagai prestasi yang ditorehkannya yakni “The Best Kandatel”, Pemasaran telepon terbaik Telkom Jakarta, Telkom Jakbar 2002 untuk Gema Telkom Award dua kali. Kemudian, Arief memperoleh penghargaan keberhasilan atas prestasinya menghadapi bencana banjir di Kawasan Segitiga Emas Jakarta, Recovery Fastel.

Biografi Arief Yahya 3

Dalam RUPSL PT. Telkom Indonesia pada tanggal 11 Mei 2012, Arief Yahya ditunjuk sebagai Direktur Utama PT. Telkom Indonesia untuk periode 2012 sampai 2017. Belum genap satu tahun ia menjabat sebagai Dirut perusahaan, bisnis Telkom beserta anak-anak perusahaannya terus merambah naik sampai luar negeri.

Dua tahun berikutnya setelah ditunjuk menjadi CEO Telkom, Arief Yahya ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Pariwisata pada tanggal 26 Oktober 2014, dan dilantik keesokan harinya. Prestasinya menjabat sebagai Menteri, pariwisata Indonesia tumbuh hingga di atas 8 % dengan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia mencapai 8 jutaan. Sedangkan tahun 2016 lalu, telah tercatat sebanyak 8,7 juta wisman yang datang ke Indonesia sampai akhir tahun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =