Profil & Biografi Indroyono Soesilo

Loading...

Dr. Ir. Dwisuryo Indroyono Soesilo, M.Sc., merupakan seorang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2015. Sebelum itu, ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan. Indroyono juga sempat menjajal posisi Direktur Sumber Daya Perikanan dan Aquakultur FAO, PBB.

Biografi Indroyono Soesilo 1

Indroyono Soesilo mengambil gelar S1-nya di Institut Teknologi Bandung, jurusan Geologi pada tahun 1979. Kemudian, ia mengambil gelar masternya di Universitas Michigan Amerika Serikat dalam Jurusan Remote Sensing tahun 1981. Tidak puas dengan gelar Master, Indroyono mengambil gelar Doctor di Universitas Lowa, Amerika Serikat di Jurusan Geologic Remote Sensing tahun 1987. Ia juga mengambil program khusus di Remote Sensing Satellite Ground Station Management Training tahun 1992 di Canada.

Perjalanan karirnya bermula dari pekerjaan sebagai Asisten laboratorium petrografi dan asisten kampus lapangan geologi yang bertempat di Karang Sambung Departement Teknik Geologi ITB. Pekerjaan itu digelutinya sejak tahun 1976 hingga 1978. Kemudian di tahun 1987, Indroyono Soesilo di angkat sebagai Pegawai BPPT. 4 tahun kemudian, ia mengajar sebagai dosen kursus staf senior TNI-AD Seskoad di Bandung.

Biografi Indroyono Soesilo 2

Ketika ingin melanjutkan kuliahnya, Indroyono Soesilo dipercaya menjadi research assistant di Department of Geology, AS di Universitas Lowa selama lima tahun lamanya. Ia juga di angkat sebagai teaching assistant dari tahun 1983 sampai 1986. Kembali ke Tanah Air, ia mengajar sebagai Dosen di Sesko ABRI Bandung tahun 1988 hingga 1989, lalu mengajar di jurusan Meteorologi dan Geofisika ITB dari tahun 1994 sampai 1995. Bukan hanya itu, ia juga mengajar di Program Pascasarjana Teknik Sipil ITS tahun 1995, di Jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti, dan Fakultas MIPA UI di tahun berikutnya hingga 97-an.

Indroyono Soesilo mengemban tugas sebagai Kepala Subdirektorat Inventarisasi SDA Matra Dirgantara dalam periode waktu 1992 hingga 1995, Direktur Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT dari 1993 sampai tahun 1997 dan juga sebagai Dirjen Penyerasian Riset dan Eksporasi Laut di Dep. Kelautan dan Perikanan di tahun 1999 silam.

Biografi Indroyono Soesilo 3

Dalam kehidupan pribadinya, Indroyono Soesilo menikah dengan Nining Indroyono Soesilo dan telah dikaruniai tiga orang anak. Istrinya dikenal sebagai sosok penggerak kewirausahaan nasional yang telah menerima penghargaan dari pemerintah pusat dalam acara GKN atau Gerakan Kewirausahaan Nasional tahun 2012 lewat UKM Center FEUI yang dipimpinnya dari tahun 2005 lalu. Bukan hanya sang istri yang merima penghargaan, Indroyono Soesilo juga menerima penghargaan seperti Bintang Ajasa Utama dan Satya Lencana Karya Sastra X pada tahun 1999, Who’s Who of the World tahun 1998, Isabel-Demple Foundation Award USA dan masih banyak lagi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − fifteen =