Profil & Biografi Yohana Yembise

Loading...

Yohana Susana Yembisa adalah seorang Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Kerja 2014-2019. Sosoknya menjadi terkenal sebab menjadi Menteri serta guru besar perempuan pertama dari Papua. Sebelum di angkat menjadi Menteri, Yohana berprofesi sebagai profesor di Universitas Cenderawasih.

Biografi Yohana Yembise 1

Wanita 58 tahun ini dulunya lahir pada tanggal 1 Oktober 1958 di Manokwari, Papua. Ia memulai pendidikan dasar di SD Padang Bulan Jayapura pada tahun 1971 silam. Kemudian, Yohana Yembise menempuh ilmu ke SMP Negeri 1 Nabire dan tamat 3 tahun berikutnya. Pendidikan selanjutnya ditempuh Yohana di bangku SMA Negeri Persiapan Nabire.

Pada tahun 1985, Yohana Yembise melanjutkan pendidikannya di Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Cenderawasih dalam Jurusan Bahasa Inggris. Setelahnya, ia menempuh ilmu di linguistik terapan dari RELC (Regional Language Center, SEAMEO Singapura. Sejak masa kuliah, Yohana termasuk salah satu mahasiswa peserta pertukaran pemuda antar Indonesia dan Kanada.

Biografi Yohana Yembise 2

Tahun 1994, Yohana Yembise menyelesaikan program gelar Master di Universitas Kanada, Departemen Pendidikan Simom Fraser. Beberapa tahun kemudian, ia mengambil pendidikan Doktoral di Universitas Newcastle hingga memperoleh gelar Ph.D tahun 2006..

Yohana Yembise memulai karirnya di bidang pendidikan dengan menjadi asisten dosen di Universitas Cenderawasih, jurusan Bahasa dan Seni sejak tahun 1983 sampai 1986. Kemudian, ia menjadi dosen tetap sejak 1987 sampai sekarang, sebelum ia dilantik menjadi Menteri. Pada tangal 14 November 2012, ia dinobatkan menjadi Profesor doktor oleh Rektor Uncen Jayapura.

Biografi Yohana Yembise 3

Selain berprofesi menjadi dosen, Yohana Yembise juga pernah memegang jabatan sebagai Kepala Lab. Bahasa Uncen tahun 1991. Setahun kemudian, ia menjadi Diplomat Applied Linguistic TEFL dari Regional English Language Center. Sosoknya juga dipercaya sebagai Ketua Tim seleksi Guru bahasa inggris untuk SMP, SMK, dan SMA di Kab. Merauke untuk pengiriman guru Bahasa Inggris ke Sunshine Coast, Universitas Australia.

Karirnya dibidang pendidikan terus bertambah karena Yohana Yembise juga menjadi anggota Joint Selection Team (JST) untuk beasiswa ADS/USAID Australian Development Scholarship tahun 2011. Ia pun turut aktif dalam berbagai kegiatan kesenian yang disponsori langsung oleh Badan Kesenian Daerah Kab. Paniai di Nabire dalam periode tahun 1974-1978.

Selain itu, Yohana Yembise pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KNPI Kab. Paniai di tahun 1984. Dalam kehidupan pribadinya, wanita wibawa ini menikah dengan Leo Danomira dan telah dikaruniai tiga orang anak yang bernama Marcia, Dina Maria dan Bernie. Saat Presiden Jokowi dilantik pada tahun 2014, Beliau juga mengumumkan jajaran Kabinet Kerja periode 2014-2019. Salah satunya adalah Yohana Yembise terpilih menjadi perempuan pertama dari Papua yang menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 17 =