Profil & Biografi Susilo Bambang Yudhoyono

Loading...

Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono GCB AC merupakan Presiden Republik Indonesia ke-6 yang menjabat selama dua periode 2004-2014. Beliau adalah Presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat melalui jalur pemilu. Bersama wakilnya Jusuf Kalla, terpilih dalam Pemilu Presiden tahun 2004. Kemudian, ia melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua namun saat itu bersama Wapres Boediono.

Biografi Susilo Bambang Yudhoyono 1

Yudhoyono yang sering dipanggil “Sus” oleh orang tuanya dan populer dengan panggilan SBY ini lahir pada tanggal 9 September 1949 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ia lahir dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah dengan silsilah dari sang ayah yang memiliki hubungan dengan trah Hamengkubuwana. Mengikuti jejak dari ayahnya, Susilo berkecimpung di dunia kemiliteran.

Pada tahun 1973, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata RI dengan meraih penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik, dan juga penghargaan Tri Sakti Wiratama karena menjadi prestasi tertinggi gabungan mental, fisik, serta kecerdasan intelektual. Saat periode tahun 1974, 1976, SBY merintis karirnya di DAN Tonpan Yonif Linud 330 Kostrad. Akhir tahunnya, ia menempuh ilmu di Airborne School dan US Army Rongers. Ia juga kursus di American Language Course dan Airbone and Ranger Course di Amerika.

Biografi Susilo Bambang Yudhoyono 2

Kemudian, Jenderal TNI Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah ditugaskan dalam Operasi Seroja yang berlokasi di Timor-Timur tahun 1979-1980. Setelah itu, tahun 1988, ia meraih gelar doktor (Ph.D) dari Institut Pertanian Bogor di bidang Ekonomi Pertanian pada tanggal 3 Oktober 2004. Tahun berikutnya, Susilo Bambang Yudhoyono kembali mendapat gelar doktor kehormatan di bidang ilmu politik dari Universitas Thammasat Bangkok, Thailand. Dalam pidatonya saat pemberian gelar, SBY menegaskan bahwa politik adalah seni untuk perubahan serta transformasi dari sebuah negera demokrasi.

Dalam kehidupan pribadinya, Susilo Bambang Yudhoyono menikah dengan seorang putri dari Jenderal Sarwo Edhi Wibowo, yang bernama Kristiani Herawati pada tanggal 30 Juli 1976. Saat itu, SBY baru saja dilantik menjadi Perwira TNI dengan lulusan terbaik. Setelah menikah, istrinya tersebut sering dikenal dengan Ibu Ani Yudhoyono. Rumah tangga mereka di anugerahi dua orang anak laki-laki yang bernama Agus Harimurti Yudhoyono lahir 1978 dan Edhie Baskoro Yudhoyono lahir 1980.

Biografi Susilo Bambang Yudhoyono 3

Pada saat pelantikan menjadi Presiden Indonesia tanggal 20 Oktober 2004 silam, SBY juga mengumumkan kabinet barunya yang diberi nama dengan Kabinet Indonesia Bersatu. Kabinet ini terdiri dari 36 menteri yang di antaranya termasuk anggota Partai Demokrat, PPP, Golkar, PBB, PKB, PKP, PAN dan PKS. Tahun berikutnya, Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan Program BOS atau Bantuan operasional Sekolah. Ia juga meluncurkan Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin di tahun yang sama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 14 =