Profil & Biografi Imam Nahrawi

Loading...

H. Imam Nahrawi merupakan seorang politisi berkebangsaan Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga yang dilantik pada tanggal 27 Oktober 2014 pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Ia juga sudah lama berkecimpung menjadi anggota DPR dari fraksi PKB atau Partai Kebangkitan Bangsa.

Biografi Imam Nahrawi 1

Sebagai Menpora periode 2014-2019, Imam Nahrawi ditantang sebuah event yang belum dijumpai oleh 4 orang Menpora sebelumnya. Tahun 2018 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII yang menjadi ajang rutin setiap tahunnya, seperti Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro atau SEA Games di Singapura di tahun depan juga.

Bukan hanya itu saja, justru setelah beberapa jam Imam Nahrawi dilantik menjadi Menpora, ia langsung dihadapkan kepada kasus Sepak bola Gajah dua tim Divisi Utama. Padahal nyatanya Imam Nahrawi tidak memiliki latar belakang olahraga apabila menilik pengalaman organisasi yang dicantumkan dalam Nahrawicenter. Pria yang lahir pada tanggal 8 Juli 1973 di Bangkalan ini aktif dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Jawa Timur pada tahun 1997, serta menjadi Ketua Umum DKN Garda Bangsa tahun 2002 silam.

Biografi Imam Nahrawi 2

Mulai tahun 1999, Imam Nahrawi menjadi anggota DPR RI dan awet sampai tiga periode berikutnya. Ketika menjadi anggota DPR, ia tak mengisi komisi X, tetapi di komisi V yang mengurusi bidang perhubungan, PU, perumahan rakyat, iklim, serta pembangunan desa. Imam Nahrawi juga tercatat sebagai Sekretaris Jenderal PKB. Dengan menjabat sebagai Menpora yang terbaru, ia menyadari tugas berat yang menunggunya hingga 5 tahun ke depannya.

Setelah dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga tahun 2014 lalu, Imam Nahrawi harus mengatasi masalah kasus klub besar sepak bola antara PSIS Semarang dan PSS Sleman. Pada bulan Februari 2015 lalu, BOPI atau Badan Olahraga Profesional Indonesia beserta Imam Nahrawi dan juga Kementerian Pemuda dan Olahraga memundurkan jadwal ISL. Hal tersebut disebabkan oleh sejumlah klub belum memenuhi persyaratan yang diminta.

Biografi Imam Nahrawi 3

Lalu Kemenpora memberikan 3x teguran kepada PSSI yang terakhir pada tanggal 16 April 2015. Tetapi sampai tanggal 18 April, PSSI belum juga merespon teguran tersebut sehingga Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, akhirnya resmi dibekukan. Pembekukan ini dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan surat bernomor 01307 2015 yang ditandatangani langsung oleh Menteri Imam Nahrawi.

Dalam kehidupan pribadinya, Imam Nahrawi menikah dengan Shobibah Rohmah dan telah dikaruniai oleh 7 orang anak. Istrinya tersebut merupakan kakak ipar dari aktor Indonesia bernama Cholidi Asadil Alam. Saat menjadi anggota DPR, Imam Nahrawi bercita-cita untuk mengembalikan peran politik sipil dengan cara partisipatif demi terwujudnya aspirasi rakyat yang juga reformatif. Ia ingin mengembalikan citra lembaga dan pribadi Legislatif sebagai wakil rakyat yang benar-benar hakiki.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =