Profil & Biografi Marwan Ja’far

Loading...

H. Marwan Ja’far, S.E.,S.H.,BBA terpilih menjadi salah satu jajaran Menteri yang bekerja sama dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Kabinet Kerja periode 2014-2016. Ia dilantik sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia pada tanggal 27 Oktober 2014 silam hingga pada reshuffle Kabinet Kerja Jilid II tanggal 27 Juli 2016, Marwan Ja’far digantikan oleh rekan satu partainya yang bernama Eko Putro Sandjojo.

Menteri Perumahan dan Desa Tertinggal, Marwan Jafar. [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Setelah tidak menjabat lagi sebagai Menteri, Marwan Ja’far menjadi Ketua LPP DPP PKB sejak tahun lalu hingga sekarang. Jabatan ini diberikannya sebab Ia dipercaya sebagai seseorang yang mempunyai kapasitas, kepiawaian, kecerdasan dan energi yang kuat untuk memajukan kejayaan partai di ajang kompetisi pemilu atau Pilkada.

Pria berumur 46 tahun ini lahir pada tanggal 12 Maret 1971 di Pati, Jawa Timur. Marwan Ja’far lulusan dari SD Negeri Dukuh Saeti di Pati pada tahun 1984. Ia pun melanjutkan pendidikannya di Madrasah Tsanawiyah Manahijul Huda tahun 1987 dan Madrasah Aliyah Mathali’ul Falah tahun 1990 di kota kelahirannya tersebut. Berikutnya, Marwan Ja’far mengambil gelar sarjana di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta di Fakultas Hukum, tetapi ia pindah ke Universitas Gajayana Malang tahun 1993 hingga 1998.

Biografi Marwan Ja’far 2

Semasa kuliah, Marwan Ja’far aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan dan organisasi Nahdlatul Ulama. Salah satunya yaitu, ia sempat menduduki jabatan sebagai Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di bagian DI. Yogyakarta dalam periode tahun 1995-1996. Marwan juga pernah menjadi Kabid Litigasi dan Konsultasi LPBH NU di Yogyakarta selama lima tahun, serta menjadi Litbang GP Ansor Yogyakarta 1995 hingga tahun 2000.

Mengambil gelar BBA, Marwan Ja’far menempuh ilmu di IMBI Yogyakarta dalam periode tahun 1992-1995. Kemudian ia mengambil gelar master di Universitas Kebangsaan Malaysia dalam Program Pascasarjana Hukum tahun 2008 silam. Ia menjadi menteri pertama yang meletakkan pondasi bagi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi atau KDPDDTT sejak nomenklaturnya di resmikan periode 2014-2019.

Biografi Marwan Ja’far 3

Sebelum menjadi sebagai Menteri, Marwan Ja’far sempat menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia juga menjadi anggota DPR yang terpilih pada pemilu 2004 silam ketika usianya baru menginjak 33 tahun. Lalu, saat dua pemilu berikutnya di tahun 2009 dan 2014, Marwan kembali terpilih untuk mewakili daerah Pemilihan Jawa Tengah III.

Ketika menjadi anggota DPR, Marwan Ja’far pernah bertugas di Komisi V yang sekaligus merangkap sebagai Ketua Fraksi PKB. Komisi V adalah komisi yang mengurusi Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Badan SAR Nasional dan Kementerian Daerah Tertinggal. Selama menjabat, Marwan dikenal sebagai seorang legislator vokal yang terus memperjuangkan kebijakan pro-rakyat. Ia juga menjadi salah satu warga NU dan kader pesantren yang di anggap paling brsinar di bidang politik nasional.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 10 =