Profil & Biografi Rini Soemarno

Loading...

Rini Mariani Soemarno atau sering dikenal dengan Rini Soemarno merupakan seorang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Kabinet Kerja periode tahun 2014-2019. Ia dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo  pada tanggal 26 Oktober 2014 silam. Rini Soemarno juga termasuk salah satu Menteri yang di angkat dari kalangan profesional

Biografi Rini Soemarno 1

Wanita tangguh yang lahir pada tanggal 9 Juni 1958 di Maryland, Amerika Serikat ini sering berpindah-pindah negara karena pekerjaan ayahnya. Rini Soemarno mendalami pendidikan ekonominya di Wellesley College, Masschusetts tahun 1998. Setelah lulus dari sana, Rini kemudian magang di Departemen Keuangan Amerika Serikat.

Selepas mendapat kesembatan bekerja magang di Departemen Keuangan AS, Rini Soemarno memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Ia pun bekerja di Citibank Jakarta dan karirnya terus meningkat sampai Rini berhasil meraih jabatan sebagai Vice President yang mengurusi Divisi Coorporate Banking, Marketing and Training.

Biografi Rini Soemarno 2

Meskipun sukses di Citibank, tidak membuat Rini Soemarno menjadi berpangku tangan. Ia justru menginginkan tantangan yang lebih besar, sehingga tahun 1989 Rini Soemarno memilih pindah ke PT. Astra Internasional untuk bisa mengembangkan bakat dalam dirinya. Dengan tertandemnya filosofi berkarya sebaik mungkin, Rini terus menapaki tangga kesuksesan sehingga tahun 1990, karirnya di Astra Internasional begitu gemilang. Di tahun itu juga, Rini Soemarno dipercaya untuk menduduki kursi Direktur Keuangan sampai 8 tahun berikutnya.

Awal tahun 1998, Rini di tarik untuk masuk ke jajaran birokrasi. Ia dipilih menjadi Menteri Keuangan saat itu, Fuad Bawazier, untuk membantunya sebagai asisten bidang Hubungan ekonomi Keuangan Internasional. Di tahun yang sama pula, pemerintah melantiknya sebagai Wakil Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional. Karena waktu bersamaan, Rini Soemarno harus menjabat dua posisi itu dalam hitungan bulan hingga pada akhirnya ia mengundurkan diri dan kembali ke Astra Internasional.

Biografi Rini Soemarno 3

Jabatannya sebagai Direktur Keuangan Astra Internasional harus diberikan kepada Theodore Permadi Rachmat dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tahun 2000. Meskipun sudah lepas dari perusahaan tersebut, Rini Soemarno masuk ke perusahaan multimedia bernama Agrakom atau lebih dikenal sebagai pemilik situs Detikcom sebagai komisaris.

Dalam dunia politik, Rini Soemarno merupakan Menteri yang tidak di usung oleh partai, namun ia dekat dengan Ketua Umum PDIP yang saat itu juga menjadi Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. Tetapi kedekatannya dengan Megawati itu bukan menjadi alasan utama kenapa ia terpilih menjadi Kepala Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-JK.

Setelah terpilih menjadi Menteri BUMN untuk periode tahun 2014-2019, Rini Soemarno harus profesional untuk mengelola aset negara sebesar Rp 4.600 triliun. Dalam pengelolaannya, Rini memang harus benar-benar mandiri sehingga ia lepas dari gangguan partai, terlebih lagi adanya intervensi partai.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =