Profil & Biografi Yasonna Laoly

Loading...

Yasonna Hamonangan Laoly S.H., MSc., PhD merupakan seorang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019. Ia dilantik pada tanggal 27 Oktober 2014 oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Yasonna menjadi anggota DPR RI di Komisi II pada periode 2004 hingga 2009. Ia juga anggota politisi PDIP yang berlatarbelakang sebagai akademis, aktivis organisasi, intelektual dan pemimpin di perguruan tinggi.

Biografi Yasonna Laoly 1

Yasonna Laoly lahir pada tanggal 27 Mei 1953 di Sorkam, Tapanuli Tengah. Ia adalah penganut Kristen Protestan yang berasal dari Suku Nias. Yasonna juga telah menikah dengan Elisye Widya Ketaren dan telah dikaruniai 4 orang anak. Pria berumur 63 tahun ini pernah mengenyam pendidikan di SD Katolik Sibolga tahun 1959-1965 yang kemudian dilanjutkan di SMP Sibolga dan SMA Katolik Sibolga. Setamat sekolah, Yasonna Laoly melanjutkan kuliahnya di Sarjana Fakultas Hukum, USU tahun 1978 dan meraih gelar master di Virginia Coomonwealth University tahun 1986.

Dalam mengawali karirnya, Yasonna Laoly mulai bekerja sebagai Pengacara dan Penasehat Hukum tahun 1978 hingga 1983. Kemudian ia menjadi asisten dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen dalam kurun waktu 1980-1983. Selain itu, Yasonna Laoly menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum di Universitas tersebut selama 1 tahun serta menjadi peneliti NCSU selama dua tahun. Untuk menambah jenjang karirnya, Yasonna juga menjabat sebagai Asisten Riset Departemen Sosiologi dan Antropologi di NCSU. Sejak tahun 2000 sampai sebelum menjabat Menteri, Yasonna Laoly berprofesi sebagai dosen.

Biografi Yasonna Laoly 2

Pada bidang politiknya, Yasonna mulai aktif berorganisasi sejak tahun 1976 dalam BPC GMKI di Medan dan Wakil Ketua Bendahara KNPI Medan tahun 1983. Ia juga sempat menduduki jabatan sebagai sekretaris BKS PGI-GMKI Sumatera Utara-Aceh serta menjadi Ketua BKS PGI-GMKI Pusat dalam periode waktu 2009-2014. Kemudian, Yasonna Laoly menjadi ketua umum Mahasiswa Nias.

Presiden Jokowi beserta wakilnya menunjuk Yasonna Laoly menjadi Menteri Hukum dan HAM untuk periode 2014-2019 Kabinet Kerja. Berbagai pendapat Pro dan Kontra pun mewarnai pelantikannya sebab Menteri yang mengurusi tentang hukum namun berasal dari politisi bisa mengakibatkan konflik kepentingan dengan partai politik asalnya.

Biografi Yasonna Laoly 3

Beberapa tantangan pun harus dihadapi Yasonna Laoly selama menjabat yakni menangani berbagai kerusuhan yang terjadi dalam lembaga pemasyarakatan, contohnya Lapas Malabero Bengkulu, Lapas Banceuy Bandung, atau Lapas Kerobokan Bali. Belum lagi, peredaran narkoba di lapas yang mengendalikan peredaran dan juga narapidana terorisme Thamrin 2016 menjadi sorotan. Nama Yasonna Laoly paling menyita perhatian publik ketika kisruh dualisme kepengurusan parpol yakni Golkar dan PPP, yang disebabkan oleh Yasoona sebagai Menkumham mengesahkan salah satu dari dua kubu saling mengklaim kepengurusan yang paling sah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =