Profil & Biografi Michael Phelps

Loading...

Michael Phelps atau sering dijuluki dengan sebutan Manusia si lumba-lumba ini berhasil memecahkan rekor medali terbanyak dalam satu cabang olahraga saja dengan meraih 8 medali emas dalam satu kejuaraan olmpiade pula. Perenang asal Negeri Paman Sam ini juga sukses mengalahkan Mark Spitz yang sebelumnya hanya membawa 7 medali emas saja.

Biografi Michael Phelps 1

Pria kelahiran 30 Juni 1985 di Baltimore, Amerika Serikat ini mempunyai nama lengkap Michael Fred Phelps II. Ia pertama kali terjun ke dunia olahraga renang saat Olimpiade Sydney tahun 2000. Saat itu, Michael Phelps baru berumur 15 tahun yang menjadikan dirinya perenang putratermuda di ajang Olimpiade selama kurun waktu 68 tahun. Namun sayangnya, waktu itu ia tidak berhasil membawa medali satu pun dan hanya mampu finish di urutan ke-5 pada nomor 200m gaya kupu-kupu.

Karena menyadari bahwa ia hanyalah pelengkap di olimpiade tersebut, Michael Phelps bertekad untuk memperbaiki performa renangnya. Dia berlatih sangat keras demi mewujudkan impiannya sebagai juara. Latihan yang terus-menerus itu membuahkan hasil nyata karena 5 bulan setelah olimpiade Sydney, karir Michael terus meroket dengan memecahkan rekor dunia di nomor 200m gaya kupu-kupu sebagai perenang termuda saat itu.

Biografi Michael Phelps 2

Puncak karir Michael Phelps terjadi pada Olimpiade Beijing 2008 dengan memboyong 8 medali emas. Kemudian, prestasinya selain di Olimpiade juga melambung tinggi di Kejuaraan Dunia Renang dan Kejuaraan Pan Pacific. Hingga pada tahun 2012 lalu, Michael Phelps sudah mengumpulkan 40 medali emas, 6 perak dan 2 perunggu yang di dapatkannya dari ajang-ajang tersebut.

Saat Olympiade Rio 2016 yang di adakan di Brazil, Michael Phelps memenangkan medali emasnya ke-23 untuk lomba terakhirnya dan berhasil memecahkan rekor dunia pencapaian individu selama 2000 tahun. Ia telar menumbangkan rekor Olimpiade berumur 2 abad itu dengan melewati sebanyak 12 gelar perseorangan yang awalnya dipegang oleh Leonidas dari Rhodes, Yunani.

Biografi Michael Phelps 3

Tahun lalu, Michael Phelps mengundurkan dirinya dari Olympiade Rio dengan membawa pulang 28 medali yaitu 23 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Prestasi memukau ini berhasil membuatnya menjadi nomor 1 dalam daftar atlet peraih medali emas di ajang Olimpiade terbanyak sepanjang sejarah, bahkan dari waktu Olympiade zaman Yunani Kuno. Sebelum Phelps, Leonidas bertanding di 4 Olimpiade berurut-turut yaitu tahun 164 SM, 160 SM, 156 SM, dan 152 SM.

Entah kapan lagi rekor Michael Phelps akan terpecahkan. Pada Olympiade modern ini pun, jumlah medali yang berhasil ia peroleh lebih banyak 2x lipat jika dibandingkan dengan peringkat kedua terbanyak dari pesenam Larisa Latynina yang mengumpulkan 9 medali emas dari 18 medali Olimpiade seluruhnya. Pria berumur 31 tahun itu meraih gelar ke-5 dalam nomor estafet 4×100 meter bersama Ryan Murphy, Nathan Adrian dan Cody Miller.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =