Profil & Biografi Dakota Fanning

Loading...

Jika Anda menggemari film Twilight dan sekuel-sekuelnya, pasti Anda hafal dengan karakter gadis muda berambut pirang yang bergabung dengan kelompok Volturi bernama Jane. Ya, sosok misterius Jane Volturi tersebut diperankan oleh gadis cantik bernama Dakota Fanning. Gadis cantik berumur 23 tahun ini memerankan film bergenre fantasi tersebut selama 3 seri bersama lawan mainnya Robert Pattinson dan Kristen Stewart.

Biografi Dakota Fanning 1

Hannah Dakota Fanning lahir pada tanggal 23 Februari 1994 di Conyers, Georgia. Ia merupakan putri dari Joy Arrington yang berprofesi sebagai petenis profesional dan Steve Fannng, seorang mantan pemain liga baseball minor St. Louis Cardinals. Dakota juga merupakan kakak kandung dari Elle Fanning, seorang aktris yang bermain dalam film Maleficent. Dakota Fanning mempunyai wajah keturunan separuh Jerman dan nama belakanggnya berasal dari Irlandia. Ia lulus sekolah dari Cambell Hall School di Hollywood Utara, California.

Bisa dibilang kalau Dakota Fanning memulai karirnya dibidang seni peran dari sejak kecil. Di umurnya ke-5 tahun, ia sudah menjadi bintang iklan komersial televisi, Tide. Pekerjaan akting pertamanya adalah saat ia menjadi bintang tamu dalam serial TV berjudul ER. Disana, Dakota memerankan sebagai anak korban kecelakaan mobil yang menderita leukimia.

"American Pastoral" Special Screening

Setelah itu, Dakota Fanning mendapatkan peran sebagai pendukung cerita dalam serial-serial televisi, termasuk CSI: Crime Scene Investigation, The Practice, dan Spin City. Ia juga pernah tampil dalam Ally MvBeal dan The Ellen Show sebagai gadis muda. Tahun 2001, Dakota terpilih menjadi lawan main Sean Penn dalam film berjudul “I Am Sam”, sebuah film yang menceritakan penderitaan seorang pria keterbelakangan mental yang berjuang untuk mendapat hak asuh atas putrinya (diperankan oleh Dakota Fanning).

Melalui perannya itu, Dakota berhasil menjadi aktris termuda yakni 7 tahun yang dinominasikan dalam Penghargaan Screen Actors Guild. Ia juga memenangkan penghargaan untuk Aktris Muda Terbaik dari ajang Broadcast Film Critics Association atas penampilannya di film I Am Sam.

Biografi Dakota Fanning 3

Nama Dakota Fanning pun semakin terkenal lantaran akting memukaunya dalam serial film Twilight yang kepopulerannya hampir sama seperti film Harry Potter. Kemunculan wajah cantik khas pucat itu seakan menjadi angin segar yang mewarnai kisah percintaan antara Bella Swan dan Edward Cullen. Pada tahun 2010, Dakota Fanning kembali berperan dalam film The Runaways yang didalamnya juga ada Kristen Stewart, Stella Maeve, dan Scout Taylor. Di film ini, Dakota menjadi Cherie Currie, penyanyi vokal utama dalam band The Runaways.

Beberapa film layar lebar lainnya yang diperankan oleh Dakota Fanning adalah Very Good Girls, Effie, Every Secret Thing, Franny, Yellowbird pada tahun 2014. Film terbaru yang ia mainkan adalah sebagai Liz dalam film Brimstone yang rilis pada Maret 2017 lalu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 16 =