Profil & Biografi Clean Bandit

Loading...

Clean Bandit merupakan grup musik elektronik Inggris yang dibentuk di Cambridge pada tahun 2008. Group ini awalnya terdiri 4 orang, namun Neil Milan yang bermain biola, memutuskan untuk keluar pada Oktober 2016 lalu, sehingga kini Clean Bandit hanya beranggotakan 3 orang yaitu Grace Chatto, Jack Patterson dan Luke Patterson. Lagu mereka yang paling terkenal saat ini adalah Rockabye, hasil kolaborasi dengan Anne Marrie dan Sean Paul. Bahkan video klip lagu tersebut telah ditonton lebih dari 900 juta kali.

Biografi Clean Bandit 1

Grup yang terbentuk tahun 2008 ini adalah sebuah grup musik beraliran crossover klasik elektronik dan band dance-pop, sama seperti The Chainsmokers. Clean Bandit memadukan musik elektronik dengan potongan klasik oleh komposer seperti Mozart dan Shostakovich. Band ini juga ingin menganggap musik mereka melibatkan humor tongue-in-cheek tapi ini belum bisa diverifikasi.

Saat bulan Desember 2012, Clean Bandit merilis single debut mereka secara resmi yang bertajuk “A+E”. Lagu ini mampu menembus UK Singles Chart dan menjadi single utama dari album studio debut mereka yang berjudul New Eyes. Pada 29 Februari 2012, mereka merilis video online untuk single “UK Shanty” yang menampilkan supermodel bernama Lily Cole.

Biografi Clean Bandit 2

Pada tahun 2013, single Clean Bandit yang berjudul “Mozart’s House” berhasil meraih nomor 17 di UK Singles Chart. Setahun kemudian, mereka mencetak single chart Inggris pertama dengan single berjudul “Rather Be”, hasil kolaborasi dengan Jess Glynne yang menampilkan unsur musik klasik dan tarian. Selain itu, lagu tersebut juga mencapai nomor 10 di AS Billboard Hot 100. Rather Be juga mencapai nomor 1 di Austria, Finlandia, Jerman, Belanda, Norwegia, Swedia dan nomor 2 di Belgia, Prancis, Italia, Selandia Baru dan Swiss. Ini juga memetakan Billboard Hot 100 AS, memuncak di nomor 10.

Dua tahun lalu, single “Rather Be” memenangkan penghargaan Grammy Award untuk Best Dance Recording. Single paling populer dari Clean Bandit yang berjudul “Rockabye” tahun 2016 lalu, hasil kolab bersama Sean Paul dan penyanyi Anne Marie, berhasil menjadi nomor satu selama sembilan minggu berturut-turut di Inggris. Lagu ini juga menjadi puncak grafik internasional untuk band Clean Bandit. Mereka mendapatkan pendapatan bersih lebih dari 13 juta single dan lebih dari 1,6 juta album di seluruh dunia.

Biografi Clean Bandit 3

Pada tanggal 17 Maret 2017, Clean Bandit merilis single “Symphony”, sebuah sebuah kolaborasi dengan penyanyi Swedia Zara Larsson. Mereka memberikan pertunjukan live pertama mereka dari lagu di The Voice UK pada tanggal 18 Maret 2017. Sampai akhir April 2017, group ini baru saja masuk agensi studio bersama Sam Smith yang sedang mengerjakan “comeback single”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =