Profil & Biografi Robert Downey Jr

Loading...

Hampir semua orang mengetahui sosok Tony Stark yang menjadi superhero Iron Man. Peran ini berkali-kali dimainkan oleh orang yang sama yaitu Robert Downey Jr, baik dalam series film “Iron Man” sendiri atau series “Avangers” bersama superhero lainnya, seperti Captain America yang diperankan oleh Chris Evans ataupun Black Widow yang diperankan oleh Scarlett Johansson.

Robert Downey Jr. FOR SEVEN DAYS COVER STORY

Tampil dalam film-film Marvel sebagai Toni Stark atau Iron Man si Miliuner, ternyata membuat Robert Downey Jr menjadi kaya sungguhan. Bagaimana tidak, Forbes melaporkan untuk film “Avengers: Age of Ultron” tahun 2015 dan “Captain America: Civil War” tahun 2016, Robert dibayar masing-masing film sebesar USD 40 juta atau setara dengan Rp 527,9 miliar. Angka ini belum termasuk royalti yang ia dapatkan dari persentase hasil Box Office kedua film tersebut.

Bisa dikatakan karir Robert Downey Jr dimulai dari nol. Aktor yang berumur 52 tahun itu pertama kali memerankan Tony Stark dalam “Iron Man” tahun 2008. Waktu itu, ia hanya di bayar USD 250 ribu. Masih kalah jauh dibandingkan pemeran James Rhodes yang dibayar USD 4,5 juta. Padahal, Robert Downey Jr-lah pemeran utamanya.

US actor Robert Downey Jr arrives for the UK premiere of Iron Man 3, at a central London cinema, Thursday, April 18, 2013. (Photo by Joel Ryan/Invision/AP)

Penampilan memukau dari Robert dalam memerankan seorang miliuner sekaligus pedagang senjata ini membuat Iron Man laku keras di tangga Box Office. Film yang digarap oleh Jon Favreu tersebut berhasil meraih pendapatan sebesar USD 585 juta dari penayangan diseluruh dunia. Jika dihitung dari jumlah biaya produksi yang hanya USD 140 juta, film Iron Man sungguh untung besar.

Kesuksesan Iron Man turut membuat karir Robert Downey Jr, yang sempat berada di ambang kegagalan setelah kecanduan alkohol, kembali terangkat ke permukaan. Ia pun terus dipercaya untuk memerankan Tony Stark dalam film Iron Man selanjutnya, series Avengers, atau menjadi pemeran pendukung dalam film Captain America.

Biografi Robert Downey Jr 3

Bukan hanya sukses berperan dalam film-film Marvel, pria yang lahir tanggal 4 April 1965 ini juga bermain dalam film-film layar lebar lainnya, seperti “The Judge” tahun 2014, “Sherlock Holmes” tahun 2009 dan 2011, atau ‘The Incredible Hulk”. Sampai detik ini, sudah lebih 30 judul film yang diperankan oleh Robert Downey Jr. Sedangkan film perdana yang ia perankan berjudul “Pound” tahun 1970, dimana saat itu ia berumur 5 tahun.

Dalam kehidupan asmaranya, Robert Downey Jr menikah dengan Susan Levin, seorang Wakil Presiden Eksekutif di perusahaan film Joel Silver, pada tanggal 27 Agustus 2005/ mereka memiliki anak bernama Exton Elias Downey yang lahir tanggal 7 Februari 2012 di Los Angeles. Pada tanggal 4 November 2014, Susan dan Robert dikaruniai seorang anak perempuan bernama Avri Roel Downey.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =