Profil & Biografi David Archuleta

Loading...

David Archuleta merupakan penyanyi asal Amerika Serikat yang masih eksis hingga sekarang. Namanya mulai dikenal oleh publik saat ia menjadi runner-up dari acara American Idol dengan perolehan 97 juta suara. Bukan hanya itu, David Archuleta juga seorang penulis lagu, aktor dan pemain intrumen piano, keyboard, dan gitar. Penyanyi berumur 26 tahun ini aktif hingga sekarang di dunia musik internasional di bawah label rekaman E1 Music.

Biografi David Archuleta 1

Walaupun David Archuleta hanya menjadi runner up, namun ia mendapatkan perhatian luar biasa setelah acara American Idol musim ketujuh berakhir. Ketenarannya itu membuat ia tampil di beberapa artikel di situs-situs resmi terkenal. Hingga pada akhirnya, tanggal 21 Juni 2008, David Archuleta menjadi tamu istimewa dalam film terbaru milik Pixar yang berjudul Wall-E.

Lahir pada tanggal 28 Desember 1990 di Utah, bakat menyanyi dari sosok David James Archuleta sudah terlihat sejak kecil. Saat berumur 10 tahun, ia memenangkan divisi anak-anak dari Kompetisi Talent Utah yang menampilkan ajang bernyanyi di televisi. Kemudian, saat berusia 12 tahun, David Archuleta juga menjadi Junior Vocal Champion di Star Search 2.

Biografi David Archuleta 2

Namun karena mengikuti Star Search ini, David Archuleta pernah mengalami kerusakan pita suara karena penyakit bronkitis yang di deritanya. Salah satu pita suaranya lumpuh sehingga membuat ia kesusaha bernafas jika sedang berbicara atau bahkan bernyanyi. Ia pernah ditawari untuk melakukan operasi namun operasi tersebut sangat beresiko. Oleh sebab itu, ia memutuskan tidak akan melakukan operasi dan mengobati penyakit itu secara herbal.

Dinilai memiliki kemampuan bernyanyi yang baik, akhirnya David Archuleta menjadi salah satu kontestan termuda pada musim ketujuh American Idol, tepatnya pada tahun 2007. Hingga pada bulan Mei 2008 ia selesai sebagai runner-up, menerima 44 persen lebih dari 97 juta suara. Selanjutnya, di bulan Agustus tahun yang sama, Archuleta merilis “Crush”, single pertama dari album debutnya yang berjudul Self-titled.

Biografi David Archuleta 3

David Archuleta mendapatkan perolehan yang sangat baik atas albumnya tersebut. Ia berhasil mencapai puncak nomor 2 di chart Billboard 200, kemudian albumnya telah terjual lebih dari 750.000 eksemplar di Amerika Serikat dan lebih dari 900.000 di seluruh dunia. Pada tahun 2010, David Archuleta kembali merilis albumnya yang lain berjudul The Other Side of Down, yang menampilkan single “Something ‘Bout Love” sebagai lagu utamanya.

Vakum selama 2 tahun di bidang musik, David Archuleta merilis album keempatnya berjudul Forevermore yang dirlis secara eksklusif di Filipina. Ini adalah album Original Pilipino Music pertamanya, yang terdiri dari beberapa sampul lagu-lagu Filipina. Album ini mendapatkan sertifikat emas di Filipina. Ia juga semakin aktif dengan meluncurkan album-album lainnya, seperti ‘Begin’ tanggal 7 Agustus 2012 di Amerika Serikat, kemudian album keenamnya, No Matter How Far, dirilis pada tanggal 26 Maret 2013.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − four =