Profil & Biografi Lei Jun

Loading...

Siapa yang tidak tahu dengan Xiaomi? Hampir semua rakyat Indonesia mengetahui merk smartphone ini. Hanya dalam 3 tahun saja sejak Xiaomi didirikan, perusahaan ini telah sukses menempati urutan nomor 3 di dunia, di bawah Samsung dan Apple, serta mengalahkan Microsoft dan Blackberry. Kesuksesan tersebut tidak lepas dari kerja keras dan upaya dari pendirinya yaitu Lei Jun.

Biografi Lei Jun 1

Xiaomi didirikan oleh Lei Jun, seorang pengusaha teknologi yang berasal dari China. Saat ini, Xiaomi juga telah menjadi perusahaan teknologi terbesar di Negeri Tirai Bambu tersebut. Lei Jun dikenal sebagai salah satu orang yang sangat berpengaruh merubah wajah industri dan teknologi di China, selain Jack Ma yang merupakan Bos Alibaba.

Lei Jun lahir pada tanggal 16 Desember 1969 di Xiantao, Hubei China. Dari masa kecilnya, ia sudah menyukai teknologi sehingga ketika beranjak remaja, Lei Jun semakin dalam menggeluti dunia itu. Setelah lulus sekolah di Mianyang tahun 1987, Lei Jun melanjutkan pendidikannya ke Universitas Wuhan. Dari sanalah, ia berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam bidang teknik komputer.

Biografi Lei Jun 2

Setelah wisuda, Lei Jun kemudian ikut andil mengembangkan penemuan software ‘Kingsoft’ pada tahun 1992. Ia juga menjadi Kepala Eksekutif tahun 1998 di Kingsoft dan membawa perusahaan itu sukses dalam momen penawaran saham perdana atau IPO di bursa saham Hongkong. Saat berada di Kingsoft, Lei Jun sangat berperan dalam pembuatan Joyo.com, sebuah book store dan situs online e-commerce. Sayangnya, situs ini dijual ke Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon.com tahun 2004.

Pada tanggal 20 Desember 2007, Lei Jun memutuskan untuk berhenti jadi CEO Kingsoft. Hingga pada akhirnya, ia berani untuk mendirikan perusahaanya sendiri dengan bekerja sama mantan eksekutif Google, Lin Bin. Perusahaan itu bernama Xiaomi. Meskipun hanya mengandalkan toko online dan tanpa membuka toko retail, Xiaomi tetap berhasil menggeser Microsoft dan Blackberry. Selain itu, Xiaomi juga berhasil memimpin pada kuartal dua tahun 2014 di pasar smartphone China sebesar 14%. Ia mengalahkan Samsung, Lenovo, dan Yulong.

Biografi Lei Jun 3

Bukan hanya itu prestasi yang diraih oleh Lei Jun karena Xiaomi setara Lenovo dengan perolehan saham bernilai $ 10 Miliar, kemudian memiliki karyawan 10 kali lipat lebih banyak dari Lenovo yang telah di dirika 26 tahun sebelumnya.

Berkat gebrakan yang luar biasa itulah, Lei Jun dijuluki sebagai Steve Job dari China. Ia mampu mengubah wajah China dalam bidang industri dan teknologi dengan meluncurkan produk smartphone yang ramah dikantong namun tidak murahan. Lei Jun juga menjadi salah satu orang terkaya di China dan masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan bersihnya diperkirakan lebih dari 8,8 miliar dolar AS menurut majalah Forbes.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 4 =