Profil & Biografi Angela Merkel

Loading...

Angela Merkel dikenal sebagai salah satu wanita yang begitu berpengaruh di Benua Eropa, khususnya di Jerman. Ia menjabat sebagai Kanselir Negara Jerman saat ini. Bukan hanya itu, ia juga memimpin Partai Uni Demokratik Kristen (CDU) dan koalisi di parlemen Jermain bersama Partai Uni Sosial Kristen (CSU) dan Partai Demokrat Sosial (SPD). Sosok Angela Merkel termasuk dalam jajaran wanita yang berprofesi sebagai politisi negara paling kuat di dunia.

Biografi Angela Merkel 1

Angela Dorothea Merkel lahir pada tanggal 17 Juli 1954 di Hamburg, Jerman Barat. Ia merupakan seorang politikus dan mantan ilmuan peneliti Jerman yang berprofesi sebagai Kanselir Jerman sejak 2005 lalu dan Ketua Persatuan Demokrat Kristen sejak 2000 silam. Angela Merkel menjadi wanita pertama yang memegang kedua jabatan tersebut sekaligus.

Setelah meraih gelar doktoralnya di bidang kimia fisik, Angela Merkel memutuskan untuk terjun ke dunia politik setelah peristiwa Revolusi 1989. Ia pernah menjabat sebagai Wakil juru bicara untuk kabinet di Jerman Timur yang terpilih secara demokratis tahun 1990. Pemilihan itu adalah pertama kalinya diadakan di Jerman.

Biografi Angela Merkel 2

Ditahun yang sama, Jerman bersatu kembali dalam satu kesatuan dan Angela Merkel terpilih untuk menjadi anggota Bundestag mewakili Stralsund-Nordvorpommern-Rugen di negara bagian Mecklenburg-Vorpommem. Lalu, Merkel di angkat secara resmi sebagai Menteri Perempuan dan Pemuda tahun 1991 di bawah pemerintaan seorang Kanselir Helmut Kohl. Tiga tahun kemudian, ia dilantik sebagai Menteri Lingkungan.

Sejak Kohl tak menjabat sebagai Kanselir, Angela Merkel diangkat menjadi ketua partai CDU pertama yang bergender Perempuan setelah Wolfgang Schauble dipaksa turun sebab terlihat skandal sumbangan. Beberapa tahun kemudian, Merkel terpilih sebagai Kanselir Jerman wanita pertama sekaligus Ketua Koalisi besar yang mencakup CDU, CSU, dan SPD.

Biografi Angela Merkel 3

Pada tahun 2007, Angela Merkel kembali terpilih sebagai Presiden Dewan Eropa dan mengepalai forum G8. Ia memimpin sekaligus jadi peran utama dalam perundingan Perjanjian Lisbon dan Deklarasi Berlin. Salah satu tujuan utamanya yaitu memperkuat hubungan ekonomi Transatlantik tanggal 30 April 2017 kemarin.

Angela Merkel juga berperan dalam masalah penanganan krisis keuangan tingkat Eropa dan internasional. Dalam krisis inilah, ia dijuluki dengan gelar ‘sang pengambil keputusan’. Di dalam negerinya sendiri, Angela Merkel mengurus tentang reformasi layanan kesehatan dan berbagai macam persoalan mengenai perkembanga energi di masa depan.

Bukan hanya itu, Angela Merkel juga dinobatkan sebagai pemimpin de facto Uni Eropa. Lalu, ia pun dijuluki sebagai tokoh paling berkuasa kedua di dunia menurut majalah Forbes pada tahun 2012 dan 2015. Suatu pencapaian dan peringkat tertinggi yang pernah diraih oleh seorang wanita. Tahun 2015 lalu, Merkel dinobatkan sebagai Person of the Year oleh majalah Times dengan julukan Kanselir Dunia Bebas.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 12 =