Profil & Biografi IU

Loading...

Bagi penggemar Kpop, pasti sudah tak asing lagi mendengar nama IU. Gadis cantik bersuara emas dan memiliki bakat akting luar biasa ini memang banyak sekali penggemarnya yang tersebar di seluruh dunia. IU merupakan singkatan dari ‘I and You’ yang menjadi nama panggung atau nama tenar dari aktris Korea Selatan yang bernama asli Lee Ji Eun. Bukan hanya menjadi penyanyi terkenal, IU juga sering memainkan drama, salah satunya adalah Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo tahun 2016 bersama aktor Lee Joon-gi dan Baekhyun EXO.

Biografi IU 1

IU atau Lee Ji Eun lahir pada tanggal 16 Mei 1993 di Gwangju, Gyeonggi, Korea Selatan. Ia direkrut oleh agensi LOEN Entertainment ketika masih berusia 15 tahun setelah ia gagal mengikuti audisi dari agensi terkenal seperti SM dan JYP. Ketika IU diperkenalkan ke publik, Park Jin Young sangat menyesal IU telah gagal audisi di JYP Entertainment, sehingga ia langsung memecat siapa saja yang menggagalkan IU saat audisi waktu itu.

Dara cantik berumur 24 tahun tersebut pertama kali tampil dalam acara Mnet di ‘M! Countdown’ pada tanggal 18 September 2008. Saat itu ia membawakan lagu berjudul ‘Lost Child’ yang selanjutnya dirilis sebagai judul lagu untuk debut mini album miliknya yang bertajuk ‘Lost and Found’ di akhir September 2008. Namun sayangnya, IU belum memperoleh kepopularitas yang begitu sukses hingga sampai akhirnya, IU meluncurkan album studio bertema ‘Growing Up’.

Biografi IU 2

Pada tanggal 16 April 2009, IU mengeluarkan album penuh pertamanya yaitu ‘Growing Up’ dengan lagu andalan berjudul ‘Boo’. Dalam waktu tiga minggu saja, lagu ini berhasil mencapai puncak #1 untuk SBS Inkigayo. Nama IU pun naik dua kali di Take 7 Together dengan artis terkenal lainnya seperti Younha dan SG Wannabe. Lagu ‘Boo’ juga terus menggema hingga di KBS Music Bank K-Chart, di chart Mnet ‘M! Countdown’ dan bermacam-macam online chart.

Di tahun yang sama, IU kembali menyanyikan lagu berjudul ‘Araro’ untuk original soundtrack untuk drama MBC berjudul ‘Queen Seon Duk’ yang mana ia direkomendasikan oleh Music Director drama. Sejak saat itu, ia dijuluki sebagai penyanyi ‘Clear Tone and Her Lyrical Sensibility’. Selain itu, IU juga hadir dalam album Mighty Mouth Love Class di lagu ‘I Hope’.

Biografi IU 3

Bukan hanya sukses menjadi penyanyi, namun IU juga sukses dalam memerankan berbagai serial televisi, drama atau bahkan film layar lebar. Dikabarkan pada tahun 2017 ini, IU akan menjadi cameo dalam film berjudul ‘Real’. Sedangkan drama-drama yang pernah ia mainkan adalah ‘Dream High’, ‘You’re the Best, Lee Soon-shin’, ‘Bel Ami’, ‘The Producers’, dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =