Profil & Biografi Nadiem Makarim

Loading...

Saat ini, banyak sekali entrepreneur di Indonesia yang mulai tumbuh dan bisnis modelnya harus di akui sangat kreatif. Salah satunya adalah layanan transportasi online yang semakin marak dimanfaatkan oleh rakyat Tanah Air. Sebagai pesaing berat dari aplikasi milik Anthony Tan, yaitu Grab, buatan Nadiem Makarim juga tak kalah populer dipelosok dalam negeri Garuda ini yaitu Gojek.

Biografi Nadiem Makarim 1

Berkat Nadiem Makarim karena berhasil menciptakan aplikasi Gojek ini, berbagai solusi inovatif dengan menggunakan teknologi mutakhir pun muncul. Selain itu, ia juga membuka lowongan pekerjaan baru dan padat karya supaya rakyat Indonesia semakin mengerti tentang bagaimana kecanggihan teknologi masa kini. Kemudian, Nadiem mendirikan Gojek agar dapat menjadi peluang dalam keberhasilan berwirausaha untuk menghasilkan omset hingga miliar rupiah. Lantas siapa itu Nadiem Makarim, otak dari aplikasi Gojek?

Nadiem Anwar Makarim lahir pada tanggal 4 Juli 1984 di Singapura, namun ia tetap berkebangsaan Indonesia. Ia lahir dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Ayahnya ialah seorang pengacara dan aktivis terkemuka keturunan Minang-Arab. Sementara ibunya berprofesi sebagai penulis, putri dari Hamid Algadri, salah satu pejuang Kemerdakaan Indonesia.

Biografi Nadiem Makarim 2

Selama masa pendidikannya, Nadiem Makarim menempuh ilmu dari SD hingga SMA dengan berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Setelah ia menyelesaikan sekolah menengah, Nadiem mengambil jurusan Internasional Relations di Brown University, AS. Sehabis meraih helar sarjana tahun 2006, ia juga mengambil pasca-sarjana dan mendapatkan gelar Master of Business Administration di Harvard.

Sebelum Nadiem Makarim mendirikan Gojek, ia juga sempat bekerja di sebuah perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Chief Innovation Officer di kartuku, dan Managing Editor di Zalora Indonesia. Berdasarkan pengalamannya itulah, Nadiem berani untuk mencoba-coba mendirikan Gojek.

Biografi Nadiem Makarim 3

Nadiem Makarim menjadi pendiri sekaligus CEO PT. Gojek Indonesia hingga saat ini. Ia menjadikan Gojek sebagai penyedia jasa transportasi online terbesar di Indonesia yang semakin berkembang pesat setelah diluncurkan pada awal 2015. Berawal dari kesetiaannya naik ojek, Nadiem jadi melihat suatu permasalahan utama dari tukang ojek konvensional adalah waktu yang tidak produktif, seperti menunggu penumpang di pangkalan.

Berdasarkan riset tersebut, Nadiem Makarim mendapatkan ide awal untuk melakukan inovasi terbaru bagaimana cara menghubungkan antara pengendara ojek dengan calon penumpangnya. Salah satu solusi dari otak cerdasnya itu adalah dengan menggunakan ponsel. Gojek pun mulai dirintis tahun 2011 dengan sistem yang sangat sederhana, yakni calon penumpang menghubungi lewat SMS atau telepon.

Saat ini telah tercatat lebih dari 10 ribu sopir ojek yang tergabung dalam GoJek. Semakin berkembangnya waktu, kini Gojek semakin banyak fasilitasnya seperti GoFood, GoSend, GoCar, GoBox, GoPulsa, GoTix dan sebagainya. Mungkin ditahun-tahun berikutnya, Nadiem Makarim terus mengembangkan layanan lainnya supaya rakyat Indonesia semakin nyaman menggunakan aplikasi ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 12 =