Profil & Biografi Francesco Totti

Loading...

Setelah 25 tahun menendang gol di AS Roma, Francesco Totti membuat pernyataan yang begitu mengejutkan para penggemarnya karena meninggalkan klub yang telah membesarkan namanya itu. Banyak kabar yang tersiar kalau Totti berencana gantung sepatu alias pensiun, tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa ia akan melanjutkan karir di Miami FC. Kabar ini sama halnya dengan kepergian John Terry yang meninggalkan Chelsea demi bertanding dengan klub lain.

Biografi Francesco Totti 1

Francesco Totti merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Italia yang lahir pada tanggal 27 September 1976 di Roma. Karena terlahir di Roma dan lulusan akademi sepak bola AS Roma, sehingga sampai detik ini, Totti dijuluki sebagai ‘Sang Pangeran Roma’ oleh tifosi setia klub tersebut. Bersama dengan Cafu, Gabriel Batistuta, dan Hidetoshi Nakata, Francesco Totti mengantarkan klub AS ROMA itu meraih gelar Serie-A yang ketiga pada tahun 2001.

Sejak kecil, Totti sudah sering bermain bola dengan pemain yang umurnya lebih tua. Kemampuannya pun semakin terasah hingga pada akhirnya, Totti mendapatkan tawaran untuk masuk klub AC Milan. Ibunya pun menolak dan menyuruh Totti untuk bergabung dengan tim muda Roma tahun 1989. Selama 3 tahun bermain dengan tim muda, Totti akhirnya dapat tampil di tim senior Roma saat usianya ke 16 tahun, setelah pelatih Vujadin Boskov melihat kemampuan Totti ketika bertanding dengan Brescia.

Roma's forward Francesco Totti runs during the UEFA Champions League football match AS Roma vs Real Madrid on Frebruary 17, 2016 at the Olympic stadium in Rome. AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE / AFP / FILIPPO MONTEFORTE (Photo credit should read FILIPPO MONTEFORTE/AFP/Getty Images)

Pada tanggal 17 Juni 2001, Totti berhasil memenangkan Scudetto pertamanya bersama Roma dan mencetak satu gol untuk kemenangan 3-0 di ajang Piala Super Italia melawan Fiorentina. Setahun sebelumnya, ia juga mendapatkan gelar sebagai Pemain Italia Terbaik dan masuk dalam nominasi Ballon d’Or untuk pertama kalinya. Pria itu juga mencetak gol ke-200 bersama Roma dalam kemenangan 4-0 melawan Torino di ajang Coppa Italia tanggal 16 Januari 2008.

Sejak turut serta dalam skuad timnas Italia di bawah asuhan Marcello Lippi dan meraih gelar juara dunia di Piala Dunia 2006 di Jerman, Totti memutuskan untuk mengundurkan diri dari timnas Italia. Namun bukan berarti, Totti tidak akan bermain lagi di timnas Italia, terlebih jika pelatih memanggilnya kembali. Kemudian, ia menikah dengan Illary Blasi dan telah dianugerahi 2 anak yang bernama Christian dan Chanel.

Biografi Francesco Totti 3

Francesco Totti pernah mendapatkan sepatu emas untuk musim 2006-2007 karena mencetak 26 gol di Serie A. Ia juga menjadi pemain Italia kedua yang mendapatkannya setelah Luca Toni pada musim sebelumnya. Hingga pada tahun 2017 ini, Totti mengundurkan diri dari AS Roma dan istirahat sejenak dari lapangan hijau. Kabar teranyar yang muncul sekarang yakni Totti sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan karirnya sebagai pemain Miami FC, salah satu klub yang dimiliki oleh legenda AC Milan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + eleven =