Profil & Biografi Yana Zein

Loading...

Dunia Entertainment di Indonesia sedang berduka cita atas sepeninggalan Ratu Sinetron yang selalu memerankan tokoh antagonis, Yana Zein. Terlepas dari perjalanan karier aktingnya yang kerap membuat penonton gemas, kabar meninggalnya Yana Zein tentu saja membuat Tanah Air membawa duka dan rasa kehilangan dari beberapa kerabat sesama artis.

Biografi Yana Zein 1

Perjalanan karier Yana Zein di industri seni peran dimulai dengan debutnya lewat film berjudul ‘Cintaku di Rumah Susun’ tahun 1987. Beberapa tahun kemudian, ia mulai membintangi beberapa judul sinetron sejak debut film pertamanya, yaitu ‘Permataku’ tahun 1999, ‘Apa Katanya Cinta’ tahun 2001, ‘Doa dan Anugerah’ tahun 2002 hingga 2003.

Bukan hanya itu, Yana Zein juga memerankan karakter antagonis di ‘HIV+’ tahun 2003, ‘Anak Membawa Berkah’ tahun 2009, dan ‘Cinta di Langit Taj Mahal’ yang menjadi sinetron terakhirnya dilayar kaca tahun 2016. Sepanjang kariernya di dunia akting, Yana Zein memang sering mendapatkan karakter sebagai orang yang jahat. Mungkin itu dikarenakan oleh wajah dan pembawaan Yana Zein yang dinilai sangat cocok ketika berakting sebagai tokoh antagonis.

Biografi Yana Zein 2

Yana Zein lahir pada tahun 1969 di Moskwa, Uni Soviet dan meninggal pada tanggal 1 Juni 2017. Selama hidupnya, ia pernah menikah dengan Fahmi Darmawansyah, namun sayangnya pernikahan mereka harus tandas. Mantan suaminya sendiri lalu menikahi teman sesama artis, Inneke Koesherawati. Setelah berpisah dengan Fahmi, Yana pun menikah lagi, tetapi ia harus menelan kenyataan pahit karena suami keduanya meninggal pada Juli 2016 silam.

Saat bekerja sebagai aktris, Yana Zein tidak terlalu memperdulikan penyakit yang dideritanya sehingga ia tidak menjalani pengobatan yang intensif. Sampai beberapa bulan kemudian, Yana di vonis oleh dokter bahwa kanker payudara yang diidapnya telah menginjak stadium 4, yang berarti sudah sangat berbahaya dan bahkan menyebar ke seluruh tubuh.

Biografi Yana Zein 3

Awalnya Yana Zein hanya merasakan sesuatu yang janggal sehingga ia memutuskan untuk melakukan pengobatan tradisional. Namun karena tidak kunjung sembuh, akhirnya Yana pergi mengecek ke laboratorium dan divonis menderita kanker. Sejak itulah, ia dirawat dirumah sakit selama dua bulan lebih, namun kondisinya tidak kunjung membaik, bahkan muncul penyakit baru yaitu kanker kelenjar getah bening.

Demi kesembuhannya, Yana Zein sempat berobat ke China untuk mendapatkan perawatan lebih intensif. Kondisinya sempat membaik namun setelah pulang ke tanah air, kesehatannya kembali drop. Perjuangan Yana Zein untuk terus melawan penyakit kanker payudara hingga akhir hayatnya itu mendapatkan dukungan dari teman-temannya di dunia hiburan, seperti Nabila Syakieb, Nafa Urbach, Ayu Azhari, Ria Irawan, dan Shaheer Seikh.Bukan hanya itu, ada pula beberapa organisasi yang turut membantu Yana Zein, seperti yayasan Love Pink dan yayasan Hope yang digagas oleh Wulan Guritno.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 8 =