Profil & Biografi Cristina Fernández de Kirchner

Loading...

Saat ini, emansipasi wanita semakin terlihat ke permukaan sehingga tidak jarang apabila seorang wanita bisa memimpin suatu negara besar. Meskipun sangat jarang itu terjadi, namun tidak sedikit pula wanita yang menjabat sebagai Presiden. Apabila Indonesia memiliki Bu Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden ke-5 di Indonesia, lain halnya dengan Cristina Fernández de Kirchner yang merupakan Presiden ke-55 di Argentina.

Biografi Cristina Fernández de Kirchner 1

Cristina Fernández de Kirchner menjadi salah satu sosok wanita yang paling berpengaruh di dunia. Sebelum menjabat menjadi Presiden, ia adalah ibu negara Argentina dari tahun 2003 hingga 2007, saat suaminya, Nestor Kirchner, menjabat sebagai Presiden negara. Cristina merupakan Presiden pertama yang dipilih oleh rakyat dan Preside wanita kedua yang pernah melayani Argentina setelah Isabel Martínez de Perón tahun 1974-1976 silam.

Lahir di La Pata, Buenos, Argentina pada tanggal 19 Februari 1953 dengan nama lengkap Cristina Elisabet Fernández de Kirchner ini merupakan wisudawati dari Universitas Nasional La Plata. Ia bertemu pertama kalinya dengan suaminya saat menjalani studi dan mereka pun menikah pada tanggal 9 Maret 1975 dan dikaruniai 2 anak. Setelah itu, mereka memutuskan pindah ke Santa Cruz untuk menjadi seorang pengacara.

Pada bulan Mei 1991, Cristina terpilih menjadi legislatif provinsi dan juga dalam jangka tahun 1995-2007, ia selalu terpilih menjadi anggota Kongres Nasional Argentina, baik itu sebagai Senator Nasional atau sebagai Deputi Nasional. Ia dikenal dengan pidatonya yang panjang serta berapi-api sehingga Cristina dijuluki sebagai “Panther Patagonia”.

BAS105 BUENOS AIRES ARGENTINA 09 12 2015 - La presidenta argentina Cristina Fernandez de Kirchner saluda en un acto a las puertas de la sede del Ejecutivo hoy miercoles 9 de diciembre de 2015 en la Plaza de Mayo de Buenos Aires Argentina Fernandez cuestiono hoy la medida judicial que determino que su mandato caduca en la medianoche de este miercoles y habilita a que haya un mandatario provisional por doce horas hasta que el opositor Mauricio Macri preste juramento como nuevo jefe de Estado este jueves EFE Juan Ignacio Roncoroni

Terlebih lagi, Cristina mempunyai pengaruh yang sangat kuat atas kemenangan suaminya saat menjabat sebagai Presiden. Para senat mempercayainya karena saat itu Nestor sukses membuktikan perbaikan ekonomi pada tahun 2003. Selama suaminya itu menjabat, Cristina bertindak sebagai First Lady. Menyabet gelar itu, ia pun lebih dikenal dekat dengan kekuasaan pemerintahan. Pamornya hampir sama dengan ketenaran Eva Peron yang dulu sempat menjadi ibu negara Argentina.

Cristina Fernández de Kirchner dipilih sebagai Font untuk Kemenangan calon Presiden tahun 2007. Saat itu ia memperoleh suara sebanyak 45,3% dan memimpin sebesar 22% dari saingan terdekatnya demi menghindari kebutuhan suatu aliran. Karena kemenangannya itu, Cristina dilantik sebagai Presiden Argentina pada tanggal 10 Desember 2007.

Buenos Aires: La presidenta Cristina Fernandez de Kirchner encabeza un acto en el salon mujeres argentinas de la casa de gobierno. foto luna/telam/dsl

Selama masa jabatannya, Cristina banyak meneruskan beberapa kebijakan yang sudah dibuat pendahulunya, yang tak lain adalah suaminya sendiri. Tercatat sudah banyak sekali kemajuan dan perubahan dalam menanggulangi masalah HAM di negara tersebut sehingga membawa angin segar, terutama untuk kaum minoritas.

Salah satunya yaitu melegalkan pernikahan sejenis sehingga Argentina menjadi Negara Amerika Latin pertama yang mengizinkan pernikahan sesama jenis. Di bawah pemerintahannya Cristina juga, Argentina berhasil memperbaiki kontrak kerja sama dengan IMF setelah cekcok selama bertahun-tahun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =