Profil & Biografi Jamie Dornan

Loading...

Sebelum film Fifty Shades of Grey, banyak orang yang tidak tahu siapa Jamie Dornan. Pria kelahiran Irlandia ini memang lebih dikenal sebagai model sampai akhirnya namanya disorot oleh media setelah menjadi pemeran utama film yag diadopsi dari novel erotis karya E.L. James. Namun sebenarnya, dari tahun 2006 hingga detik ini, Jamie Dornan banyak membintangi judul film seperti Marie Antoinette, yang diperankan oleh aktris cantik, Kirsten Dunst.

Biografi Jamie Dornan 1

Jamie Dornan lahir pada tanggal 1 Mei 1982 di Irlandia Utara, dan dibesarkan di pinggiran kota Belfast. Dia memiliki dua kakak perempuan yang lebih tua yakni Liesa, yang bekerja untuk Disney di London, dan Jessica, perancang busana yang tinggal di Falmouth, Inggris. Ayahnya, Profesor Jim Dornan, adalah seorang dokter kandungan dan ginekolog yang juga dianggap sebagai aktor. Dornan berusia 16 tahun ketika ibunya, Lorna, meninggal karena kanker pankreas.

Jamie Dornan pertama kali bekerja sebagai model. Pada tahun 2003, dia bekerja untuk Abercrombie & Fitch. Dia kemudian baru bekerja pada sejumlah rumah mode dan retail brand, termasuk Aquascutum, Hugo Boss, dan Armani. Hasil kerja kerasnya termasuk kampanye iklan utama dengan Dior Homme dan Calvin Klein (bersama Kate Moss dan Eva Mendes), dan dia diberi label “The Golden Torso” oleh The New York Times. Di sela-sela syuting Fifty Shades of Grey, pria 35 tahun itu juga masih sering menjalani pemotretan sebagai model contohnya untuk kampanye Ermenegildo Zegna.

Biografi Jamie Dornan 2

Merambah ke dunia akting, peran pertama Jamie Dornan dalam sebuah film adalah sebagai Count Axel Fersen dalam film ‘Marie Antoinette’ tahun 2006. Ia juga muncul dalam film drama ‘Shadows in the Sun’ di tahun 2009, yang membintangi tiga nominasi Academy Award Jean Simmons. Pada tahun 2008, ia memainkan peran utama Ed dalam produksi Horror Hammer ‘Beyond the Rave’.

Pada tahun 2011, Jamie Dornan tampil dalam sembilan episode serial televisi ABC Once Upon a Time, memainkan peran Sheriff Graham. Sementara Graham dari Storybrooke dibunuh oleh walikota Regina (The Evil Queen) dalam episode “The Heart Is a Lonely Hunter”, Dornan menyatakan bahwa dia akan kembali sebagai Huntsman dari Enchanted Forest di beberapa bagian, dan dia tetap menjadi pemain reguler dalam seri tersebut. Dia kembali sebagai The Huntsman untuk episode akhir musim, “A Land Without Magic”.

Biografi Jamie Dornan 3

Hingga pada akhirnya, tanggal 23 Oktober 2013, Jamie Dornan dinobatkan sebagai Christian Grey dalam film adaptasi dari Fifty Shades of Grey, menggantikan Charlie Hunnam. Awalnya diumumkan akan dirilis pada 1 Agustus 2014, namun film tersebut kemudian dijadwal ulang dan dirilis pada tanggal 13 Februari 2015.

Pada tanggal 27 Agustus 2014, diumumkan bahwa Jamie Dornan akan memainkan Dr. Allan Pascal dalam film Miramax berjudul ‘The 9th Life of Louis Drax’, sebuah thriller supranatural berdasarkan buku dengan nama yang sama. Film ini dirilis pada 2 September 2016. Pada bulan November 2014, Dornan menduduki posisi 3 di peringkat People Sexiest Man Alive People.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 5 =