Profil & Biografi Sundar Pichai

Loading...

Bagi Anda yang terus mengikuti perkembangan teknologi, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Sundar Pichai. Pria berumur 44 tahun ini menjabat sebagai CEO Google sejak tahun 2015. Pada bulan Februari 2016 lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo sempat bertemu dengan petinggi perusahaan raksasa teknologi tersebut. Pichai menyatakan bahwa Google mempunyai rencana untuk melatih seratus ribu pengembang dari Indonesia hingga tahun 2020.

Biografi Sundar Pichai 1

Sundar Pichai adalah chief executive officer (CEO) Google Inc. Pria yang lahir tanggal 12 Juli 1972 ini diumumkan menjadi CEO pada tanggal 10 Agustus 2015, sebagai bagian dari proses restrukturisasi yang dilakukan Alphabet Inc. Ke perusahaan induk Google, dan dia dilantik untuk jabatan tersebut pada tanggal 2 Oktober 2015.

Pichai lahir di Madurai , Tamil Nadu , India, dari pasangan Lakshmi dan Ragunatha Pichai. Sundar dibesarkan di sebuah apartemen dua kamar di 46th Street, 7th Avenue, di Ashok Nagar, Chennai. Sundar menyelesaikan sekolah di Jawahar Vidyalaya, sebuah sekolah menengah untuk Sekolah Menengah Pendidikan di Ashok Nagar, Chennai dan menyelesaikan Kelas XII dari sekolah Vana Vani di Madras Institut Teknologi India.

Kemudian, Sundar Pichai memperoleh gelar dari Institut Teknologi India Kharagpur dalam jurusan Teknik Metalurgi. Ia memegang gelar MS dari Stanford University di Material Sciences and Engineering dan MBA dari Wharton School di University of Pennsylvania, di mana dia dinobatkan sebagai Siebel Scholar dan seorang Sarjana Palmer masing-masing.

Biografi Sundar Pichai 2

Sundar Pichai pernah bekerja di bidang teknik dan manajemen produk di Applied Materials dan dalam konsultasi manajemen di McKinsey & Company. Setelah itu, ia pun bergabung dengan Google pada tahun 2004, di mana dia memimpin upaya pengelolaan dan inovasi produk untuk rangkaian produk perangkat lunak klien Google, termasuk Google Chrome dan Chrome OS, serta sebagian besar bertanggung jawab atas Google Drive.

Dia melanjutkan untuk mengawasi pengembangan berbagai aplikasi seperti Gmail dan Google Maps. Pada tanggal 19 November 2009, Pichai memberikan demonstrasi Chrome OS dan Chromebook dirilis untuk uji coba pada tahun 2011, yang kemudian dirilis ke publik pada tahun 2012. Pada tanggal 20 Mei 2010, dia mengumumkan pembukaan -sumber codec video baru VP8 oleh Google, dan mengenalkan format video baru, WebM.

Pada tanggal 13 Maret 2013, Pichai menambahkan Android ke daftar produk Google yang dia awasi. Android kini dikelola oleh Andy Rubin. Ia adalah direktur Jive Software dari bulan April 2011 sampai 30 Juli 2013. Pichai terpilih untuk menjadi CEO Google berikutnya pada tanggal 10 Agustus 2015, setelah sebelumnya diangkat menjadi Kepala Produk oleh CEO, Larry Page.

Biografi Sundar Pichai 3

Pada tanggal 24 Oktober 2015, dia melangkah ke posisi baru pada saat selesainya pembentukan Alphabet Inc., perusahaan induk baru untuk keluarga perusahaan Google. Pichai telah disarankan sebagai pesaing CEO Microsoft di tahun 2014, sebuah posisi yang pada akhirnya diberikan kepada Satya Nadella.

Dalam kehidupan pribadinya, Sundar Pichai menikah dengan Anjali Pichai, dan memiliki dua anak, dan tinggal di Los Altos Hills , di sebuah rumah yang dirancang oleh Robert Swatt dari Swatt Miers. Kesukaan Pichai lainnya meliputi sepak bola dan kriket. Dia adalah penggemar berat FC Barcelona, dan dia menyatakan bahwa “dia melihat setiap pertandingan klub.”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =