Profil & Biografi Dilma Rousseff

Loading...

Presiden wanita memang selalu menarik perhatian publik. Banyak yang tidak menyangka seorang wanita bisa memimpin negara yang sejatinya banyak akan berbagai masalah. Tapi, karena itulah daya tariknya. Jika Indonesia pernah memiliki Presiden wanita yakni Megawati, begitu juga dengan Brazil, Negara paling besar di Amerika Selatan. Negara penghasil kopi tersebut pernah dipimpin oleh seorang wanita yaitu Dilma Rousseff.

Biografi Dilma Rousseff 1

Dilma Vana Rousseff atau lebih dikenal hanya sebagai Dilma, lahir 14 Desember 1947 di Minas Gerais, adalah seorang ekonom dan politisi Brasil yang pernah menjabat sebagai Presiden Brasil ke- 36 dari tahun 2011 sampai habis masa jabatannya pada tanggal 31 Agustus 2016. Dia adalah wanita pertama yang memegang jabatan kepresidenan Brasil dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Staf untuk Presiden Luiz Inácio Lula da Silva dari tahun 2005 sampai 2010.

Putri dari seorang imigran Bulgaria, Dilma Rousseff dibesarkan di sebuah rumah tangga kelas menengah atas di Belo Horizonte. Dia sudah menjadi seorang sosialis di masa mudanya dan setelah kudeta 1964, ia memutuskan untuk bergabung dengan kelompok gerilyawan sayap kiri dan kelompok marinir Marxis yang berperang melawan kediktatoran militer. Tapi karena itu, Dilma jadi ditangkap, disiksa, dan dipenjara dari tahun 1970 sampai 1972.

Biografi Dilma Rousseff 2

Setelah dibebaskan, Dilma menata kembali hidupnya di Porto Alegre bersama Carlos Araújo, sang suaminya selama 30 tahun. Mereka berdua membantu mendirikan Partai Buruh Demokratik atau Democratic Labour Party (PDT) di Rio Grande do Sul , dan berpartisipasi dalam beberapa kampanye pemilihan partai tersebut. Dia menjadi sekretaris keuangan Porto Alegre di bawah Alceu Collares, dan kemudian Sekretaris Energi Rio Grande do Sul di bawah Collares dan Olívio Dutra. Pada tahun 2000, setelah terjadi perselisihan internal di kabinet Dutra, Dilma meninggalkan PDT dan bergabung dengan Partai Buruh.

Pada tahun 2002, Dilma menjadi penasihat kebijakan energi untuk calon presiden Luiz Inácio Lula da Silva, yang pada saat memenangkan pemilihan tersebut mengundangnya untuk menjadi menteri energinya. Kepala Staf José Dirceu mengundurkan diri pada tahun 2005 dalam sebuah krisis politik yang dipicu oleh skandal korupsi Mensalão sehingga Dilma menjadi kepala staf dan tetap berada di posisinya sampai 31 Maret 2010, saat dia turun untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Dia terpilih dalam sebuah pelarian pada tanggal 31 Oktober 2010, mengalahkan kandidat Partai Sosial Demokrat Brazil (PSDB) José Serra. Pada tanggal 26 Oktober 2014, Dilma memenangkan kemenangan putaran kedua yang sempit atas Aécio Neves, juga dari PSDB.

Biografi Dilma Rousseff 3

Proses impeachment terhadap Dilma Rousseff dimulai di Kamar Deputi pada tanggal 3 Desember 2015. Pada tanggal 12 Mei 2016, Senat Brasil menangguhkan kekuasaan dan tugas Presiden Rousseff sampai enam bulan atau sampai Senat memutuskan untuk mengeluarkannya dari kantor untuk membuat Wakil Presiden Michel Temer mengambil alih kekuasaan dan tugasnya sebagai Pejabat Presiden Brasil selama masa penangguhannya. Pada tanggal 31 Agustus 2016, Senat mendapatkan suara sebanyak 61-20 dari parlemen untuk melakukan impeach yang mengatakan Dilma Rousseff bersalah karena melanggar undang-undang anggaran dan memindahkannya dari jabatannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =