Profil & Biografi G-Dragon

Loading...

Kwon Ji-yong atau lebih dikenal dengan nama panggung G-Dragon (GD) adalah seorang rapper, penulis lagu, penyanyi, dan produser rekaman asal Korea Selatan. Setelah 6 tahun lamanya menjadi trainee di bawah agensi artis YG Entertainment, GD secara resmi debut sebagai anggota sekaligus Leader dari grup Big Bang pada tahun 2006. Grup tersebut beranggotakan 5 orang yaitu GD, T.O.P, Taeyang, Seungri, dan Daesung.

Biografi G-Dragon 1

G-Dragon lahir pada tanggal 18 Agustus 1988 di Seoul, Korea Selatan. Ia merintis kariernya sejak berusia 5 tahun dengan bergabung dengan grup musik bernama Little Lula. Setelah meluncurkan sebuah album bertema Natal, kontrak grup ini dihentikan sehingga membuat GD terkejut. Karena itulah, ia memutuskan untuk berhenti dan berjanji tidak ingin menjadi penyanyi lagi. Namun, saat GD pergi piknik bersama keluarganya, bakat alamiah-nya terendus oleh SM Entertainment.

Bersama dengan SM Entertainment, GD berlatih dance selama 5 tahun, dari umurnya 8 tahun hingga 13 tahun, namun akhirnya ia memutuskan keluar karena merasa bakatnya tidak terasah. Setelah itu, GD menjadi tertarik dengan musik rap arena diperkenalkan oleh temannya dengan grup hip hop asal Amerika Serikat yaitu Wu-Tang Clan. Berkat bantuan People Crew, GD terlibat dalam penggarapan album grup hip hop Korsel, Flex, pada tahun 2001 sehingga saat itu ia menjadi rapper termuda dari Korea karena usianya baru 13 tahun.

Biografi G-Dragon 2

Penampilan GD yang memukau di album tersebut berhasil menarik perhatian Sean dari duo hip hop Jinusean dari YG Entertainment. GD direkomendasikan langsung oleh Sean ke pendiri sekaligus CEO agensi, Yang Hyun Suk. Setelah menandatangani kontrak dengan YG, tahun pertama GD di sana ditugaskan membersihkan studio dan mengisi botol-botol air minum selama latihan menari untuk artis-artis lainnya. Berkat kerja kerasnya berlatih selama 6 tahun, secara resmi GD debut sebagai Leader atau pemimpin dari grup Big Bang pada tahun 2006.

Biografi G-Dragon 3

Debut Big Bang di industri musik Korea Selatan bisa dikatakan cukup sukses dengan total penjualan album perdananya yang bertajuk ‘Bigbang Vol.1’ mencapai 40.000 kopi. Album ini berisi beberapa single, termasuk ‘We Belong Together’, ‘La La La’, dan ‘Forever With You’. Di dalam album ini pula, terdapat lagu solo pertama GD yaitu sebuah cover dari single ‘This Love’ dari Maroon 5.

Kemudian, GD bersama keempat anggota Big Bang lainnya merilis album mini yang berjudul ‘Always’ tahun 2007. Saat itu, GD mulai aktif melibatkan dirinya dalam pembuatan album tersebut. Salah satunya adalah single ‘Lies’ yang menjadi lagu pertama Big Bang yang menjadi Hit di Korea Selatan. Album mini lainnya yang meraih kesuksesan besar yaitu ‘Hot Issue’ dengan lagu andalan ‘Last Farewell’ dan album Stand Up dengan single-nya ‘Day by Day’.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − two =