Profil & Biografi Laura Chinchilla

Loading...

Laura Chinchilla Miranda yang lahir pada tanggal 28 Maret 1959 di San Jose, Kosta Rika adalah wanita pertama yang pernah menjabat sebagai Presiden Kosta Rika dari tahun 2010 hingga 2014. Dia adalah salah satu dari sosok wanita yang paling berpengaruh di dunia selain Cristina Kirchner dan Angela Merkel.

San Salvador.- 31082016.- Dra. Laura Chinchilla expresidenta de Costa Rica. Foto edh por Mauricio Cáceres.

Laura Chinchilla adalah calon presiden dari pemerintah dalam pemilihan umum 2010, dimana saat itu dia menang dengan 46,76% suara pada tanggal 7 Februari, sehingga ia menjadi presiden wanita ke-8 negara Amerika Latin dan wanita pertama yang menjadi Presiden Kosta Rika. Dia dilantik sebagai Presiden Kosta Rika pada tanggal 8 Mei 2010.

Saat ini, Laura mengajar di Universitas Georgetown dan merupakan anggota Dewan Inter-American Dialogue. Selain menjadi dosen, saat ini Laura Chinchilla mengembangkan dan menandatangani National Network of Care Act yang bekerja untuk memberikan perawatan dan bantuan kepada anak-anak dan orang tua.

Biografi Laura Chinchilla 2

Laura Chinchilla lulus dari Universitas Costa Rica dan menerima gelar masternya dalam kebijakan publik dari Universitas Georgetown. Sebelum memasuki politik, Chinchilla bekerja sebagai konsultan LSM di Amerika Latin dan Afrika, yang mengkhususkan diri dalam reformasi peradilan dan masalah keamanan publik. Laura kemudian bertugas di administrasi José María Figueres Olsen sebagai wakil menteri keamanan publik (1994-1996) dan menteri keamanan publik (1996-1998). Dari tahun 2002 sampai 2006, dia bertugas di Majelis Nasional sebagai wakil provinsi San José.

Laura Chinchilla adalah satu dari dua wakil presiden yang dipilih berdasarkan pemerintahan Arias kedua (2006-2010). Dia mengundurkan diri sebagai wakil presiden pada tahun 2008 untuk mempersiapkan debutnya menjadi presiden pada tahun 2010. Pada tanggal 7 Juni 2009, Laura memenangkan Partido Liberación Nacional (PLN) dengan margin 15% dari saingan terdekatnya, dan dengan demikian didukung sebagai Calon presiden partai.

Biografi Laura Chinchilla 3

Chinchilla memimpin Misi Pengamatan yang ditugaskan oleh OAS ke Meksiko untuk mengamati pemilihan federal bulan Juni 2015. Chinchilla akan memimpin Misi Observasi Pemilu yang pertama yang akan diajukan OAS ke Amerika Serikat, mengamati pemilihan November 2016.

Wanita berumur 58 tahun itu telah menyatakan bahwa sementara ini dia mendukung hak LGBT dan menentang diskriminasi berdasarkan orientasi seksual. Laura Chinchilla percaya bahwa pernikahan seharusnya antara pria dan wanita, dan karena itu dia mendukung kerangka hukum yang berbeda untuk pasangan sesama jenis. Dia menandatangani undang-undang pada tanggal 4 Juli 2013 undang-undang baru yang mendukung kemitraan sipil yang dapat diperluas ke serikat pekerja sejenis. Laura juga menyatakan bahwa dia tidak akan menentang pernikahan sesama jenis jika disahkan oleh pengadilan negeri tersebut.

Perlindungan lingkungan dan keberlanjutan sangat penting bagi Presiden, sehingga dia melanjutkan tingkat kepemimpinan Kosta Rika di wilayah ini, misalnya, pada bulan Mei 2011 dia menyatakan film Odyssey 2050 tentang ‘Minat Publik dan Budaya’. Laura Chinchilla adalah salah satu wanita paling kuat di Amerika Latin menurut Forum Ekonomi Dunia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 18 =