Profil & Biografi Pony Ma

Loading...

Ma Huateng yang lahir pada tanggal 29 Oktober 1971, juga dikenal sebagai Pony Ma, adalah seorang pengusaha internet di China. Dia adalah pendiri, presiden, chief executive officer dan anggota dewan eksekutif Tencent Inc. , salah satu perusahaan Internet terbesar di Negeri Tirai Bambu tersebut. Perusahaan mengendalikan layanan pesan instan mobile terbesar di China yaitu WeChat, dan anak perusahaannya menyediakan layanan nilai tambah media, hiburan, internet dan telepon seluler.

任玉明 深圳腾讯计算机系统有限公司 CEO 马化腾

Pada tahun 2007 dan 2014, majalah Time memberi gelar pada Pony Ma salah satu orang paling berpengaruh di dunia teknologi selain Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Pada bulan Mei 2017, Pony Ma adalah orang terkaya ke-31 di dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US $24,9 miliar, menurut Daftar Rich Global Forbes .

Pony Ma lahir di Distrik Chaoyang, Shantou, Guangdong. Tidak banyak yang diketahui tentang masa mudanya. Namun, ia mengklaim dalam sebuah wawancara bahwa saat kecil ia bermimpi untuk menjadi seorang astronom. Ketika ayahnya, Ma Chenshu, mendapat pekerjaan sebagai manajer pelabuhan di Shenzhen, dekat Hong Kong, Pony Ma muda menemaninya. Lalu, ia terdaftar di Universitas Shenzhen pada tahun 1989 dan kemudian lulus pada tahun 1993 dengan gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Komputer.

Biografi Pony Ma 2

Pekerjaan pertama Pony Ma adalah dengan China Motion Telecom Development, pemasok layanan dan produk telekomunikasi, di mana saat itu dia bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak untuk pager. Kabarnya gaji Ma saat itu sekitar $176 per bulan. Ia juga bekerja untuk Shenzhen Runxun Communications Co. Ltd. di departemen penelitian dan pengembangan untuk layanan panggilan Internet.

Di samping teman-teman sekelas lainnya, Ma Huateng berhasil menemukan Tencent pada tahun 1998, setelah menghasilkan uang dengan bermain di pasar saham. Pada awalnya, Ma mengambil berbagai peran, mulai dari petugas kebersihan hingga perancang situs web dalam upaya mempertahankan perusahaannya tetap hidup. Seperti banyak di industri teknologi China, Ma terinspirasi oleh inovasi yang keluar dari Eropa dan Amerika Serikat dan berusaha menyesuaikannya dengan pasar China.

Biografi Pony Ma 3

Produk pertama perusahaan ini hadir setelah Pony Ma berpartisipasi dalam presentasi ICQ, layanan pesan instan Internet pertama di dunia, yang didirikan pada tahun 1996 oleh sebuah perusahaan Israel. Terinspirasi oleh idenya, Ma dan timnya meluncurkan pada bulan Februari 1999 sebuah perangkat lunak serupa, dengan antarmuka China dan nama yang sedikit berbeda yaitu OICQ (atau, Open ICQ). Produk ini dengan cepat menjadi populer dan mengumpulkan lebih dari satu juta pengguna terdaftar pada akhir tahun 1999, sehingga menjadikannya salah satu layanan terbesar di China.

Berbicara tentang pendirian Tencent, Pony Ma mengatakan kepada China Daily dalam sebuah wawancara di tahun 2009 bahwa ” If I have seen further, it is by standing on the shoulders of giants,” dengan mengutip sebuah kutipan yang dikaitkan dengan Isaac Newton dan merujuk persamaan antara ICQ dan OICQ. “Kami tahu produk kami memiliki masa depan, tapi saat itu kami tidak mampu membelinya,” ingat Ma. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pony Ma meminta pinjaman bank dan bahkan berbicara tentang menjual perusahaan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − seventeen =