Profil & Biografi Lance Armstrong

Loading...

Apabila berbicara mengenai dunia olahraga, sudah pasti tidak lepas dari para atletnya. Jika Anda hanya mengetahui Michael Jordan sebagai atlet basket mendunia, mungkin Anda tidak tahu tentang atlet yang telah menuliskan sejarah di bidang pacuan sepeda. Atlet bersejarah itu adalah Lance Armstrong.

Biografi Lance Armstrong 1

Lance Edward Armstrong pada tanggal 18 September 1971 di Texas, United States. ia adalah seorang mantan pacuan balap sepeda profesional asal Amerika. Ia juga meraih juara dunia profesional 1993, dan memenangkan Tour de France selama tujuh kali berturut-turut dari tahun 1999 sampai 2005. Namun, pada tahun 2012, Lance Armstrong dilarang mengikuti Olimpiade karena melanggar aturan menggunakan doping jangka panjang. Sebagai bagian dari sanksi tersebut, semua hasilnya akan berlanjut sampai Agustus 1998, termasuk tujuh turnya yang menang, dibatalkan.

Pada usianya ke 16, Lance Armstrong mulai berkompetisi sebagai triatlon dan merupakan juara triathlon sprint nasional pada tahun 1989 dan 1990. Pada tahun 1992, ia memulai karirnya sebagai pengendara sepeda profesional dengan tim Motorola. Dia terkenal sukses pada tahun 1993 dan 1996, termasuk Kejuaraan Dunia pada tahun 1993, Clásica de San Sebastián pada tahun 1995, Tour DuPont pada tahun 1995 dan 1996, dan beberapa kemenangan di Eropa, termasuk tahap ke-18 Tour de France 1995.

Biografi Lance Armstrong 2

Kembali ke dunia pacuan bersepeda pada tahun 1998, Lance Armstrong adalah anggota tim Discovery AS antara tahun 1998 dan 2005, saat dia memenangkan gelar Tour de France-nya, serta medali perunggu di Olimpiade Musim Panas 2000. Armstrong pensiun dari balapan di akhir Tour de France 2005, namun kembali ke kompetisi bersepeda dengan tim Astana pada bulan Januari 2009, berada di posisi ketiga di Tour de France 2009 akhir tahun itu. Antara 2010 dan 2011, ia berpacu dengan Team Radio Shack, UCI ProTeam yang ia bantu temukan. Dia pensiun untuk kedua kalinya di tahun 2011.

Lance Armstrong telah menjadi tuduhan sebagai subyek doping sejak memenangkan Tour de France 1999. Pada tahun 2012, sebuah investigasi Badan Anti-Doping Amerika Serikat menyimpulkan bahwa Armstrong telah menggunakan obat peningkat performa di sepanjang karirnya. Namun, Armstrong memilih untuk tidak menuruti tuntutan tersebut, dengan alasan keluarganya bisa menjadi korban.

SAINT-ETIENNE, FRANCE - JULY 23: Lance Armstrong of the USA riding for the Discovery Channel cycling team smiles at his children on the podium after winning the Individual Time Trial, stage 20 of the 92nd Tour de France between Saint-Etienne and St-Etienne on July 23, 2005 in Saint-Etienne, France. (Photo by Robert Laberge/Getty Images). *** Local Caption *** Lance Armstrong

Akibatnya, Lance Armstrong menerima larangan seumur hidup dari semua olahraga yang mengikuti Kode Anti-Doping Dunia sehingga secara tidak langsung mengakhiri karir kompetitifnya. Dia juga dilucuti dari semua prestasinya dari bulan Agustus 1998 dan seterusnya, termasuk tujuh judul Tour de France-nya. [Union Cycliste Internationale menguatkan keputusan USADA dan memutuskan bahwa kemenangan yang telah dilucuti tidak akan dialokasikan ke pembalap lain.

Lance Armstrong memilih untuk tidak mengajukan banding atas keputusan Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga tersebut. Dalam sebuah wawancara tahun 2013, Armstrong mengakui bahwa beberapa tuduhan itu benar. Dia telah menolak untuk memberi kesaksian tentang penggunaan obat-obatan secara maksimal. Karena itulah, sebuah artikel CNN menulis bahwa “Kejatuhan epik bintang bersepeda, yang pernah menjadi ikon idola jutaan orang di seluruh dunia, menonjol dalam sejarah olahraga profesional.”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + two =