Profil & Biografi Taeyeon SNSD

Loading...

Kim Taeyeon lahir pada tanggal 9 Maret 1989 di Jeolla Utara, Korea Selatan. Gadis ini memiliki nama panggung sebagai Taeyeon, adalah seorang penyanyi Korea Selatan. Dia telah menjadi trainee di S.M Entertainment selama bertahun-tahun di masa sekolah menengahnya sebelum memulai debut sebagai anggota girlband Girls’ Generation di tahun 2007.

Biografi Taeyeon SNSD 1

Sejak saat itulah, mantan kekasih dari Baekhyun EXO ini mulai terkenal karena kesuksesan grup di Asia music scene dan selanjutnya berpartisipasi dalam proyek-proyek agensi Girls’ Generation-TTS dan SM the Ballad. Selain kegiatan kelompok, Taeyeon juga telah merekam lagu untuk original soundtrack berbagai drama televisi dan film.

Taeyeon memulai karir solonya pada tahun 2015 dengan single solois pertamanya berjudul “I”. Lagu ini berhasil menjadi nomor dua di Gaon Album Chart Korea Selatan dan terjual lebih dari satu juta salinan digital. Lagu berikutnya yang Taeyeon rilis berjudul “Why” (2016) juga sukses menjadi nomor satu di Gaon Album Chart dan menghasilkan dua single Gaon Digital Chart top-ten single “Starlight” dan “Why”. Album debutnya My Voice (2017) dan dua single “Fine” dan “Make Me Love You” itu punmencapai kesuksesan yang sama.

Biografi Taeyeon SNSD 2

Setelah debutnya, Taeyeon dianugerahi Best Female Artist di Mnet Asian Music Awards. Pada tahun 2016, Gallup Korea menempatkannya sebagai idol paling populer di tahun 2016, ditahun ini juga Forbes Korea mencantumkan Taeyeon di antara Top 40 Power Celebrities mereka tahun ini. Taeyeon terkenal dengan kemampuan vokalnya yang merdu dan halus. Dia terpilih dalam survei oleh 40 executive di industri musik sebagai vokalis K-pop terbaik pada bulan Oktober 2015, dan sebagai vokalis wanita terbaik oleh 20 perusahaan musik pada bulan April 2016.

Sebagai leader dari kelompok gadis K-pop populer Girls’ Generation dan artis solo yang sukses, Taeyeon disebut sebagai tokoh Korea Selatan yang terpopuler. Janelle Okwodu dari Vogue menggambarkan Taeyeon sebagai “Beyonce of Girls’ Generation” yang gaya busananya “constantly on the go.”

Biografi Taeyeon SNSD 3

Selama dalam proses produksi lebih dari setahun, album studio Kim Taeyeon yang pertama berjudul “My Voice”, dirilis pada bulan Februari 2017. Di dalam album ini meluncurkan satu lagu berjudul “Fine”. Baik dari segi album maupun lagunya dapat diterima dengan baik oleh netizen.

Karena itulah, tidak heran lagu Taeyeon menduduki posisi Gaon Album Chart dan Gaon Digital Chart masing-masing. Pada tanggal 5 April 2017, sebuah edisi deluxe dari album My Voice dirilis, disertai dengan single “Make Me Love You”. Lagu tersebut mencapai nomor 4 di Gaon Digital Chart. Pada bulan Mei, 2017, Taeyeon memulai tur Asia pertamanya “Persona”, menjadi anggota kelompok gadis pertama Korea Selatan yang mengadakan tur solo di Benua Asia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − 3 =