Profil & Biografi Nyle DiMarco

Loading...

Mungkin terdengar mustahil jika ada seorang tuna rungu dapat memenangkan ajang bergengsi America’s Next Top Model yang diproduseri langsung oleh Tyra Banks. Namun, rekor ini dipatahkan oleh Nyle DiMarco, pria berumur 28 tahun ini dinobatkan sebagai pemenang ANTM cycle 22. Nyle menjadi pria tuna rungu pertama dan terakhir yang berhasil menyabet juara di acara pencarian TOP Model Amerika itu.

Biografi Nyle DiMarco 1

Nyle DiMarco lahir pada tanggal 8 Mei 1989 di Queens, New York. Saat ini ia adalah seorang aktor Amerika, aktor, dan aktivis tuna Rungu. Pada tahun 2015 lalu, Nyle adalah pemenang Tunarungu pertama dari CW’s America’s Next Top Model Cycle 22. Tahun berikutnya, dia memenangkan kompetisi tarian di televisi ABC berjudul “Dancing with the Stars season 22”, dengan mitra dansa profesional Peta Murgatroyd. Nyle adalah pemenang kedua setelah Marlee Matlin, tapi ia masih menjadi pemenang dengan disabilitas tunarungu pertama.

Nyle DiMarco lahir dari rahim seorang ibu bernama Nyle Thompson. Namun sayangnya, orang tua Nyle bercerai sehingga ia menjelaskan pada tahun 2016 bahwa “Kami mengubah nama terakhir kami dari Thompson menjadi DiMarco (nama gadis ibu kami).”

SYDNEY, AUSTRALIA - DECEMBER 15: America's Next Top Model winner Nyle DiMarco attends the OPPO: Next Top Model Party at the Intercontinental Hotel, Double Bay on December 15, 2015 in Sydney, Australia. (Photo by Don Arnold/WireImage)

Pria tampan ini dibesarkan di Frederick, Maryland, di mana dia mengikuti pendidikan khusus di Maryland School untuk tunarungu, dan kemudian lulus dari Universitas Gallaudet pada tahun 2013, dengan gelar di bidang matematika. American Sign Language (ASL) adalah bahasa ibunya dan dia juga berkomunikasi dengan bacaan bibir dan komunikasi non-verbal. Dia memiliki saudara kembar bernama Nico, dan seorang kakak laki-laki, Neal. Mereka sekeluarga adalah penyandang disabilitas tunarungu.

Pada tahun 2013, Nyle DiMarco memiliki peran utama dalam film independen “In the Can”, produksi American Sign Language Films. Pada tahun 2014 dan 2015, ia memainkan peran pengganti dari Garrett Banducci di “Switched at Birth” di jaringan Freeform.

Biografi Nyle DiMarco 3

Kemudian, ia mulai terjun ke dunia permodelan, namun hanya sebagai freelance sekitar setahun, sebelum dihubungi oleh produser America’s Next Top Model di tahun 2015. Mereka membina Nyle DiMarco melalui ucapan biasa karena tidak menyadari bahwa dia tuli. Lama-kelamaan, para kru dan produser pun menyadarinya sehingga mereka menyewa seseorang yang dapat membantu Nyle berkomunikasi.

Tak di sangka, Nyle DiMarco ditunjuk sebagai pemenang musim 22 tersebut setelah mengalahkan Mamé Adjei di akhir musim. Dia adalah satu-satunya kontestan tunarungu dalam sejarah di sepanjang musim dan pria kedua yang menang, karena di musim sebelumnya, wanita selalu memenangkan kontes ini. Tidak lama setelah memenangkan kompetisi tersebut, Nyle DiMarco menandatangani kontrak dengan Wilhelmina Models di New York City.

Sejak dikenal dalam acara ANTM, Nyle DiMarco seakan memberi pengaruh positif dan semangat para penyandang tuna rungu lainnya. Komunitas ini beramai-ramai terus memberikan dukungan padanya. Bukan hanya itu, mereka juga terinspirasi dengan prestasi Nyle sehingga dapat disimpulkan orang yang memiliki disabilitas pun berhak mendapatkan keadilan yang sama dengan orang normal lainnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − nine =