Profil & Biografi Ailee

Loading...

Bagi Anda yang menyukai tentang dunia Kpop, pasti sudah tidak asing lagi dengan penyanyi solo yang cantik dan bersuara emas yaitu Ailee. Wanita berumur 28 tahun ini bisa dikatakan sebagai penyanyi wanita solo yang paling sukses di Korea Selatan dan mendominasi beberapa penyanyi solo terkenal lainnya seperti Baek Ji Young dan IU. Ailee juga sering mengisi lagu untuk dijadikan soundtrack drama, contohnya single “I Will Go to You Like the First Snow” untuk serial Goblin.

Biografi Ailee 1

Amy Lee yang lahir pada tanggal 30 Mei 1989 di Colorado, U.S atau lebih dikenal dengan nama panggungnya Ailee adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Korea-Amerika yang berbasis di Korea Selatan. Dia kemudian masuk ke YMC Entertainment di Korea Selatan dan Warner Music di Jepang.

Sebelum debut K-pop-nya, Ailee telah bernaung di bawah agensi Muzo Entertainment di Amerika. Dia lalu pindah ke Korea Selatan pada tahun 2010, karena lulus audisi dan menjadi artis YMC Entertainment. Setelah mulai dikenali oleh bakat bernyanyinya di ‘Singer and Trainee’, Ailee mulai berakting di serial drama KBS “Dream High 2”.

Biografi Ailee 2

Beberapa penghargaan yang pernah Ailee raih yaitu Best New Artist Award di MelOn Music Awards, Golden Disk Awards, Gaon Chart K-Pop Awards dan Seoul Music Awards. Dia juga telah menerima penghargaan Best Newcomer dan Four Best Female Vocal Performance di Mnet Asian Music Awards untuk “U & I”, “Singing Got Better”, “Mind Your Own Business” dan “If You”. Untuk lagunya yang menjadi OST “Fated to Love You” yaitu “Goodbye My Love”, Ailee memenangkan Best Original Soundtrack di 7th Korea Drama Awards.

Pada tanggal 4 Januari 2017 lalu, telah diumumkan bahwa Ailee akan merilis single OST untuk serial televisi kabel Korea Selatan “Goblin” atau “Guardian: The Lonely and the Great God “. Single itu sendiri bergenre sebuah balada, yang berjudul “I Will Go to You Like the First Snow”, dirilis untuk download digital pada tanggal 7 Januari. Single ini juga menjadi bagian dalam 9 lagu OST yang masuk dalam chart tertinggi.

Biografi Ailee 3

Meskipun saat perilisan awalnya memang tidak dilengkapi dengan video musik resmi, namun lagu tersebut dapat diterima dengan baik di minggu pertama di tangga musik. Ailee membawa lagu itu ke urutan 19 di Gaon Chart pada minggu 1-7 Januari. Lebih hebatnya lagi, pada tanggal 12 Januari, Ailee mencapai Perfect All-Kill, yang pertama, untuk single hit Number 1 di semua situs musik Korea Selatan yang terdaftar di iChart.

Untuk minggu 8-14 Januari, single ini juga naik 18 spot, menduduki posisi Gaon Chart. Pada tanggal 19 Januari, dinyatakan bahwa single tersebut mencapai “Triple Crown”, juga yang pertama dari Ailee, untuk mengambil Nomor 1 di the Gaon Combined Digital Chart, Online Download Chart and Online Streaming Chart. Pada tanggal 1 Februari 2017, single tersebut berhasil mengepalkan posisi teratas selama tiga minggu lamanya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 18 =