Profil & Biografi Matt Damon

Loading...

Salah satu aktor Hollywood papan atas saat ini adalah Matt Damon. Pria bernama lengkap Matthew Paige Damon itu adalah seorang aktor, produser film, dan penulis skenario Amerika. Dia menempati rangking teratas di antara bintang-bintang majalah Forbes di jajaran “bankable stars” dan merupakan salah satu aktor terlaris sepanjang masa. Damon telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Academy Award dari lima nominasi, dua Golden Globe Awards dari delapan nominasi, dan telah dinominasikan untuk dua British Academy Film Awards dan enam Emmy Awards.

Biografi Matt Damon 1

Lahir tanggal 8 Oktober 1970 dan dibesarkan di Cambridge, Massachusetts, Damon memulai karir aktingnya dengan tampil di acara teater sekolah menengah dan dia melakukan debut akting profesionalnya di film “Mystic Pizza” tahun 1988. Dia mulai terkenal pada tahun 1997 saat dia menulis dan membintangi “Good Will Hunting” bersama Ben Affleck, yang memenangkan penghargaan Academy dan Golden Globe untuk Skenario Terbaik, dan Damon juga mendapat nominasi untuk Academy Award for Best Actor.

Matt Damon terus mendapatkan pujian dari kritikus karena perannya dalam film “Saving Private Ryan” tahun 1998, antihero di “The Talented Mr. Ripley” (1999), seorang malaikat yang jatuh di “Dogma” tahun 1999, seorang analis energi di “Syriana” tahun 2005, dan seorang petugas polisi Irlandia-Amerika yang korupsi di “The Departed” (2006).

FILE - In this Aug. 2, 2013 file photo, Matt Damon attends a photo call for "Elysium" at the Four Seasons, in Los Angeles. The Environmental Media Association is honoring Damon and Hayden Panettiere for their dedication to ecological causes. The organization announced Monday, Aug. 26, 2013, that the two actors will be honored at its 23rd annual Environmental Media Awards event presented by Toyota this fall. (Photo by Matt Sayles/Invision/AP, File)

Matt Damon semakin dikenal karena peran utamanya sebagai Jason Bourne dalam franchise berjudul “Bourne” tahun 2002-2016 dan sebagai penipu di “Ocean’s Trilogy” tahun 2001-2007. Untuk peran pendukungnya sebagai pemain rugby Francois Pienaar di “Invictus” (2009) dan peran utamanya sebagai astronot yang terdampar di Mars yaitu “The Martian” (2015).

Oleh peran-peran itulah, Damon menerima nominasi Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik dan Aktor Terbaik. Yang terakhir ini juga, ia sudah memenangkan Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik. Matt Damon telah menerima nominasi Emmy Award untuk karakter Scott Thorson dalam biografi “Behind the Candelabra” (2013) dan untuk memproduksi reality series “Project Greenlight”. Dia juga menerima nominasi Oscar untuk filmnya “Manchester by the Sea” (2016).

Biografi Matt Damon 3

Selain berakting di film, Matt Damon juga menjadi pengisi suara di film animasi dan dokumenter. Ia pun telah mendirikan dua perusahaan produksi dengan temannya, Ben Affleck. Bukan hanya itu, Damon sudah sering terlibat dalam pekerjaan amal, termasuk ONE Campaign, H2O Africa Foundation, Feeding America, dan Water.org. Damon menikah dengan Luciana Bozán Barroso, dan mereka memiliki tiga anak perempuan.

Selain penghargaan yang Matt Damon dapatkan untuk perannya sebagai aktor dan produser, Damon menjadi orang ke 2.343 yang menerima bintang di Hollywood Walk of Fame pada tanggal 25 Juli 2007. Jejak telapak tangan dan kakinya pun diabadikan dalam Grauman’s Chinese Theatre.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =