Profil & Biografi Javier Bardem

Loading...

Nama Javier Bardem semakin ramai diperbincangkan oleh masyarakat dunia berkat akting memukaunya dalam film Pirates of the Caribbean seri kelima. Di sana, ia menjadi peran antagonis utama bernama Armando Salazar yang merupakan musuh dari Jack Sparrow, kapten bajak laut konyol yang diperankan oleh Johnny Deep. Setelah bermain di film fantasi tersebut, Javier Bardem kembali bermain dalam “Mother!” dan “Escobar” ditahun 2017 ini.

Biografi Javier Bardem 1

Javier Ángel Encinas Bardem lahir pada tanggal 1 Maret 1969 di Las Palmas de Gran Canaria, Spanyol. Pria berumur 48 tahun ini pernah memenangkan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik dalam perannya sebagai pembunuh psikopat Anton Chigurh di film “No Country for Old Men” tahun 2007. Bardem juga mendapatkan pujian kritis untuk perannya dalam film seperti “Jamón, jamón”, “Carne trémula”, “Boca a boca”, “Los Lunes al sol”, “Mar adentro”, dan “Skyfall”.

Bukan hanya itu, Javier Bardem juga telah memenangkan Screen Actors Guild Award, sebuah penghargaan BAZTA, lima Goya Awards, dua Penghargaan Film Eropa, Hadiah untuk Aktor Terbaik di Cannes dan dua Volpi Cups di Venesia atas karyanya. Dia adalah aktor Spanyol pertama yang dinominasikan untuk Oscar (Aktor Terbaik tahun 2000, untuk film “Before Night Falls”), dan juga orang Spanyol pertama yang memenangkannya. Ia menerima nominasi Academy Award ketiganya, dan nominasi Aktor Terbaik kedua, untuk film “Biutiful”.

Biografi Javier Bardem 2

Bakat Bardem dalam berakting film-film Spanyol itu tidak luput dari perhatian dunia. Pada tahun 1997, John Malkovich adalah orang pertama yang mendekatinya dan menawarkannya untuk bermain film secara internasional. Namun sayangnya, aktor Spanyol itu menolak tawaran tersebut karena dia pikir bahasa Inggrisnya masih miskin. Tawaran untuk peran pertamanya berbahasa Inggris datang pada tahun yang sama, dari sutradara Álex de la Iglesia. Tapi kali ini, Bardem tidak membuang kesempatan itu dan akhirnya bermain dalam “Perdita Durango” sebagai perampok bank santería-praktisi.

Setelah membintangi sekitar dua lusin film di negara asalnya, Javier Bardem mendapatkan pengakuan internasional di film karya Julian Schnabel “Before Night Falls” pada tahun 2000, yang menggambarkan penyair Kuba Reinaldo Arenas. Ia mendapat pujian dari idolanya Al Pacino melalui pesan yang dia anggap sebagai salah satu hadiah terindah yang pernah dia terima. Untuk peran itu, ia menerima nominasi untuk Academy Award for Best Actor, yang pertama untuk orang Spanyol.

Biografi Javier Bardem 3

Setelah sukses di dalam film tersebut, Javier Bardem menolak peran Danny Witwer dalam “Minority Report” yang akhirnya peran tersebut beralih ke Colin Farrell. Sebagai gantinya, pada tahun 2002, Bardem membintangi film debutnya bersama sutradara Malkovich, “The Dancer Upstairs”. Malkovich awalnya menganggap Bardem sebagai peran asisten detektif, tapi filmnya memakan waktu lama untuk mendapatkan pembiayaan sehingga memberi waktu kepada Bardem untuk belajar bahasa Inggris dan mengambil peran utama sang detektif.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =