Profil & Biografi Pierre Omidyar

Loading...

Jika ada sebuah pertanyaan siapa saja daftar orang-orag terkaya di dunia, mungkin Anda akan menjawabnya dengan Bill Gates, Steve Jobs, atau Jeff Bezos. Para pendiri perusahaan raksasa itu memang masuk dalam jajaran atas orang terkaya di bumi. Namun tahukah Anda bahwa ada pula nama Pierre Omidyar yang masuk dalam daftar tersebut? Ya, sosok ini adalah penemu dari situs lelang dan jual beli raksasa yaitu eBay.

HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 28: Founder of eBay Pierre Omidyar (L) and producer Jeffrey Skoll attend the 88th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 28, 2016 in Hollywood, California. (Photo by Randy Shropshire/Getty Images)

Pierre Omidyar diketahui memiliki total kekayaan sebesar Rp 107 triliun berkat usahanya menemukan dan mendirikan eBay. Ia terkenal dengan sebutan pria yang pemalu dan jarang berkomentar ataupun muncul di berbagai media massa sehingga tidak banyak berita tentangnya beredar ke masyarakat. Namun, tidak sedikit pula orang yang mengenalnya sebagai penemu dan pelopor era e-commerce melalui situs eBay.

Bernama lengkap Pierre Morad Omidyar, ia lahir pada tanggal 21 Juni 1967 di Paris, Prancis. Saat ini, ia dan istrinya, Pamela, tinggal di Nevada bersama 3 orang anak mereka. Pierre juga memiliki beberapa properti mewah, antara lain di Hawaii, dimana tempat itu pernah ia tinggali cukup lama. Karena Pierre Omidyar bukan tipe pendiri yang merangkap CEO seperti Bill Gates atau Steve Jobs, ia jadi menunjuk orang lain untuk menjadi pemimpin dari eBay.

Biografi Pierre Omidyar 2

Pada tahun 1998, Pierre Omidyar menunjuk Meg Whitman sebagai CEO eBay. Sekarang, Whitman yang menjadi CEO HP (Hewlett Packard) ini dinilai berhasil memimpin eBay di era-era awal tersebut. Meskipun tidak menjadi pemimpin diperusahaannya sendiri, Omidyar masih terus memberi arahan dan saran kepada Meg dari belakang layar.

Pierre Omidyar mulai mengembangkan situs lelang raksasa tersebut sejak tahun 1995 atau tepatnya saat ia berusia 28 tahun. Waktu itu, Omidyar mulai menulis kode komputer asli untuk wadah online yang memungkinkan pencatatan lelang orang-ke-orang langsung demi barang-barang koleksi. Dia lalu membuat prototipe sederhana di halaman web pribadinya, dan pada Hari Buruh, Senin, 4 September 1995, dia meluncurkan layanan online yang disebut Lelang Web, yang pada akhirnya akan menjadi situs lelang eBay.

Biografi Pierre Omidyar 3

Layanan ini awalnya merupakan salah satu dari beberapa item di situs Omidyar eBay.com, yang juga memiliki bagian yang ditujukan untuk topik lainnya, seperti virus Ebola. Item pertama yang dijual di situs tersebut adalah laser pointer yang rusak. Omidyar tercengang karena ada orang yang membayar perangkat itu dalam keadaan rusak, namun pembeli meyakinkannya bahwa dia memang sengaja mengumpulkan laser pointer yang rusak. Kejutan serupa pun kian menyusul. Bisnis tersebut meledak saat para koresponden mulai mendaftarkan barang-barang perdagangan dari berbagai jenis yang tak terbayangkan.

Pierre Omidyar terus mengumpulkan hasil dari setiap penjualan dari situs ini. Ternyata, pendapatan dari situs tersebut melampaui gajinya di General Magic dan sembilan bulan kemudian, Omidyar memutuskan untuk memberikan perhatian penuh pada perusahaan barunya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − seven =