Profil dan Biografi Tontowi Ahmad

Loading...

Indonesia patut berbangga hati karena pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil menjadi juara Indonesia Open 2017. Mereka berhasil mengalahkan pasangan nomor satu di dunia yaitu Zheng Siwei – Chen Qingchen dengan skor 22-20 dan 21-15. Perolehan ini merupakan gelar pertama Indonesia sebagai tuan rumah setelah paceklik selama tiga tahun. Terakhir kali, Indonesia memenangkan Indonesia Open pada tahun 2013 berkat permainan Mohammad Hasan dan Hendra Setiawan.

Biografi Tontowi Ahmad 1

Bukan hanya Liliyana saja yang menjadi bintang, Tontowi Ahmad pun tidak luput dari pembicaraan netizen. Pria yang akrab disapa dengan panggilan Owi ini juga pernah mengalahkan pasangan Malaysia pada ajang Olimpiade 2016 bersama Liliyana dalam dua game langsung 21-14 dan 21-12. Tak tanggung-tanggung, medali emas berhasil diraih oleh pasangan yang dibentuk tahun 2011 tersebut.

Tontowi Ahmad merupakan anak laki-laki dari M. Khusni dan Masruroh. Ia lahir pada tanggal 18 Juli 1987 di Banyumas, Jawa Tengah. Pemain bulutangkis dengan tinggi 178 cm ini dibesarkan di Desa Selandaka, Pemalang. Perjalanan karir bulutangkisnya dimulai di Pelatnas. Selama ini, Tontowi Ahmad menjadi pemain pelapis di Pelatnas utama ganda campuran.

Biografi Tontowi Ahmad 2

Sebelum dipasangkan dengan Liliyana Natsir, Tantowi pernah bermain di beberapa kejuaraan dengan rekan berbeda-beda seperti Shendy Puspa Irawati, Greysia Poli, atau Richi Puspita Dili. Bersama partner sebelumnya, pria ini tercatat menjuarai beberapa pertandingan seperti Juara Vietnam Open Grand Prix 2007, Juara Vietnam Challenge 2009 dan Juara juara Vietnam Challenge 2009 dan terakhir meraih medali emas dalam ajang Olimpiade 2016.

Tontowi Ahmad semakin gencar mengumpulkan gelar juara bersama pasangan tetap bulutangkisnya, Liliyana Natsir, yang berusia 2 tahun di atasnya. Beberapa prestasi memukau dari ganda campuran ini yaitu Juara Malaysia Open GP Gold 2011, Juara Sunrise India Open Super Series 2011, Juara Swiss Open 2012, Runner-Up Yonex Denmark Open 2012 dan masih banyak lagi.

Biografi Tontowi Ahmad 3

Di antara gelar juara di atas yang berhasil mereka dapatkan, bisa disebut Juara Yonex All England Badminton Championships 2013 merupakan prestasi terbesar mereka. Hal ini dikarenakan sektor ganda campuran Indonesia, terakhir kali memenangkan ajang yang sama pada 33 tahun yang lalu.

Selain itu, Tontowi Ahmad bersama dengan Liliyana Natsir juga membawa nama harum Indonesia melalui ajang BWF World Championship di Guangzhou, China dimana pasangan itu berhasil keluar sebagai juara dunia. Berkat prestasi membanggakan itu membawa nama mereka menempati posisi ke-3 Ranking Badminton World Federation.

Dalam kehidupan pribadinya, Tontowi Ahmad telah memiliki istri cantik bernama Michelle Harminc. Hubungan asmara mereka telah dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Danish Arsenio Ahmad. Berkat adanya istri dan anak, Tontowi Ahmad mengaku jujur bahwa kedua sosok tersebut menjadi inspirasi dan penyemangatnya saat tampil banggakan RI.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eight =