Profil & Biografi Kim Bum Soo

Loading...

Kim Bum-soo lahir pada tanggal 26 Januari 1979 di Korea Selatan. Ia adalah seorang penyanyi R&B dan jiwa menyanyi yang kuat sehingga lebih dikenal sebagai pria dengan vokal halus dan balada emosinya. Lagu yang membuat namanya semakin terkenal adalah ‘Bogo Shipda’, yang berarti ‘Aku rindu kamu’ dalam bahasa Inggris. Lagu ini menjadi lagu tema drama Korea “Stairway to Heaven” yang diperankan oleh Park Shin Hye.

Biografi Kim Bum Soo 1

Kim Bum Soo merupakan artis Korea pertama yang berhasil masuk tangga musik Amerika Utara, dengan lagunya ‘Hello Goodbye Hello’ yang berada dalam daftar nomor 51 di Billboard Hot 100 AS pada tahun 2001. Ia juga dikenal sebagai DJ untuk Gayo Kwangjang, sebuah program radio di KBS 2FM 89.1mHz.

Saat berusia 20 tahun, Kim Bum Soo memutuskan untuk mengejar karir musik karena terinspirasi dan terdorong setelah bernyanyi dengan paduan suara gereja lokal selama masa mudanya. Di Seoul Institute of the Arts , Universitas Joongbu , ia pun mengambil jurusan musik. Tak lama setelah lulus, Bum Soo menghadiri audisi dimana dia menandatangani kontrak rekaman dengan label ‘Team Entertainment’.

Biografi Kim Bum Soo 2

Sebelum single ‘bo go ship da’, lagu Kim Bum Soo yang populer lainnya yaitu, ‘Promise’, dari album dengan nama yang sama, juga telah digunakan untuk drama MBC populer, ‘Watch and Watch Again’ tahun 1999. Sejak saat itulah, Kim Bum Soo dikenal sebagai penyanyi balada.

Album kelima Kim Bum Soo yaitu ‘Remember Kim Bum Soo 5th & So Long …’ begitu terkenal sebagai referensi fakta bahwa dia merilisnya tepat sebelum dia memulai wajib militer selama dua tahun. Salah satu lagu andalan berjudul ‘Oasis’ pun diluncurkan pada album ini. Lagu tersebut memiliki nuansa R&B yang sedikit lebih bergaya Amerika daripada sebagian besar musiknya yang menunjukkan jati diri Bum Soo selama bertahun-tahun.

Biografi Kim Bum Soo 3

Pada album ke 5 itu, Kim Bum Soo juga memberi hormat kepada orang-orang yang telah mengilhami dan menginspirasinya. Di antara mereka adalah Stevie Wonder, Eric Benet, Brian McKnight, Babyface, R. Kelly, Mary J. Blige dan Lenny Kravitz. Dia pun memasukkan lagu-lagu dari beberapa seniman lain dalam konser live-nya, seperti Stevie Wonder dan R. Kelly.

Satu-satunya album yang telah diproduksi di AS, ‘Remember Kim Bum Soo 5th & So Long…’ juga merujuk hubungan antara Kim Bum Soo dengan iman Kristen, dengan lagu CCM yang diilhami Injil, ‘The One In My Life’. Kemudian, ia terus melakukan pertunjukan di beberapa negara di Asia Timur dan beberapa di belahan dunia lain, terutama di Amerika Utara, di mana budaya pop Korea (drama dan musik) telah meroket kepopularitasnya dalam dekade terakhir.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − one =