Profil & Biografi PSY

Loading...

Park Jae-sang yang lahir pada tanggal 31 Desember 1977 di Distrik Gangnam, Korea Selatan ini lebih dikenal dengan nama panggung PSY. Ia adalah penyanyi senior, rapper, penulis lagu, dan produser rekaman. PSY dikenal di dalam dan luar negeri karena video dan gaya panggungnya yang lucu, dan meledak secara internasional untuk single hitnya “Gangnam Style”. Lagu refrain tersebut masuk dalam The Yale Book of Quotations sebagai salah satu quotations paling terkenal tahun 2012.

Biografi PSY 1

Pada tanggal 23 Oktober 2012, PSY bertemu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon di Markas Besar PBB, di mana Ki-moon menyatakan keinginannya untuk bekerja sama dengan penyanyi tersebut karena “jangkauan globalnya yang tidak terbatas”. Pada tanggal 21 Desember 2012, video musiknya untuk “Gangnam Style” melampaui satu miliar penayangan di YouTube, menjadi video pertama yang berhasil mencatat di riwayat situs web.

Karena itulah, PSY kemudian dikenali oleh media massa sebagai “King of YouTube”. Pada tanggal 31 Mei 2014, video untuk PSY’s Gangnam Style telah mencapai dua miliar penayangan. Pada bulan Juni 2017 ini, video tersebut masih merupakan video yang paling banyak dilihat di YouTube, dengan lebih dari 2,87 miliar view. Selain Gangnam Style, lagu PSY yang terkenal lainnya adalah Gentleman dan Hangover.

Biografi PSY 2

Pada bulan Desember 2012, MTV memberi penghargaan bahwa PSY adalah penyanyi yang terkenal di luar Korea Selatan, bahkan menjadi superstar internasional. Bukan hanya itu, berkat rekor yang pertama di era YouTube untuk mendapatkan viewers terbanyak dalam sejarah budaya pop, memuji PSY sebagai “Viral Star of 2012”. Pada tanggal 31 Desember 2012, PSY tampil dalam perayaan Malam Tahun Baru yang disiarkan secara televisi dengan rapper MC Hammer di panggung di depan penonton yang hadir lebih dari satu juta orang di Times Square, New York City.

PSY dikenal karena selera humornya dalam konsernya, di mana ia meniru penyanyi wanita seperti Park Ji-yoon, Lee Hyori, Lady Gaga, dan BeyoncĂ©. Meskipun musiknya adalah bagian dari genre K-pop (musik populer Korea), Beth Hong dari The Vancouver Observer mencatat bahwa PSY tidak sesuai dengan citra idola K-pop standar karena “sangat muda, tampan, dan mampu membawa catatan melodramatik “.

Biografi PSY 3

Bahkan, Lucy Williamson dari BBC mengakui PSY sebagai “bintang musik terbaru dan terbesar di Korea Selatan”, namun juga menggambarkannya sebagai “tidak rapi, tidak dapat diprediksi dan dia tidak terlihat seperti idola korea Anda”. Sarah Charlton dari Reuters memanggilnya “penyanyi pop Korea Selatan gemuk” yang telah menemukan ketenaran dan popularitas di “lautan bintang K-pop yang cantik”. Di Korea Selatan, beberapa telah memanggilnya “Penyanyi Aneh” sementara yang lain menganggapnya sebagai “antitesis dari apa yang populer di musik pop Korea”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 13 =